Sekretariat Kabinet Pangkas Belanja APBN Rp 16,32 Miliar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketidakpastian perekonomian global berdampak pada perekonomian domestik sekaligus mengganggu pemulihan ekonomi nasional. Antisipasi hal itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melalui surat Nomor S-458/MK.02/2022 tertanggal 23 Mei 2022 meminta K/L melakukan pencadangan anggaran (automatic adjustment) tahun 2022.

Sebagai tindak lanjut permintaan Menkeu, Sekretariat Kabinet (Setkab) melakukan penambahan automatic adjustment sebesar Rp 16,32 miliar. Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Fadlansyah Lubis mengatakan, penambahan automatic adjustment di Sekretariat Kabinet dengan adjustment pada belanja barang yang belum terlaksana atau belum ada kontrak.

“Penambahan automatic adjustment tersebut sedang dalam proses penetapan di Kementerian Keuangan,” ujarnya, Sabtu 4 Juni 2022.

Sebelumnya, Setkab juga telah melakukan pencadangan anggaran dengan jumlah yang sama saat alokasi anggaran tunjangan kinerja yang melekat pada gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

”Automatic adjustment terkait mitigasi dampak berlanjutnya dan memburuknya kondisi pandemi Covid-19. Sekretariat Kabinet melakukan automatic adjustment pada tunjangan kinerja yang melekat pada gaji ke-13 dan THR yang memang nantinya akan membutuhkan keputusan tersendiri,” ujar Fadlan.

Hingga 24 Mei 2022 Setkab telah merealisasikan anggaran sebesar Rp 135,18 miliar atau 41,43 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 326,32 miliar. “Termasuk merealisasikan output belanja modal. Akan kami upayakan agar realisasi penyerapan anggaran hingga akhir tahun 2022 dapat lebih maksimal,” ujarnya.

Untuk RAPBN Tahun 2023, Setkab mendapatkan pagu indikatif sebesar Rp 352,29 miliar. Terdiri dari belanja operasional sebesar Rp 256,72 miliar dan belanja nonoperasional sebesar Rp 95,58 miliar.

Fadlan menyampaikan, di 2023 Setkab akan melakukan pengintegrasikan sistem informasi. Ini untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dalam memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden.

“Sekretariat Kabinet bermaksud untuk mengusulkan pengalihan anggaran. Hal tersebut untuk mengakomodir kebutuhan anggaran integrasi sistem informasi,” ujarnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini