Saat Ini, Hanya Tuhan dan Jokowi Saja yang Tahu Nama-nama Dewas KPK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Presiden Joko Widodo rupanya masih menutup rapat-rapat nama-nama yang tergabung dalam komposisi Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Kabarnya, nama-nama itu tinggal difinalisasi, kemudian diumumkan. Presiden tak ingin salah memilih anggota Dewas KPK, agar masyarakat tidak kecewa.

Sikap Jokowi menimbulkan tanda tanya publik terkait siapa saja yang menjadi dewan pengawas KPK?

Wacana pemilihan Dewas KPK sebelumnya juga pernah disampaikan Komisi III DPR RI. Parlemen meminta pemilihan Dewas KPK dilakukan secara transparan.

“Mekanisme yang transparan itu harus melalui instrumen yang independen. Kita namakan Pansel. Harus mendaftar dahulu. Harus yang namanya uji publik,” kata anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Dia mengatakan bahwa saat ini keputusan terkait Dewan Pengawas KPK sepenuhnya wewenang Presiden. Ia menegaskan, DPR tunduk pada kehendak rakyat dan keinginan rakyat.

“Kita buatkan norma itu. Sekarang itu bolanya ada pada Pak Presiden,” ujar dia.

Meskipun demikian, Arteria meyakini Presiden akan memilih sosok-sosok yang tepat sebagai Dewan Pengawas KPK. Menurut dia, Jokowi punya tekad kuat untuk memberantas korupsi.

 

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini