Ribuan Warga Lampung Pecahkan Rekor Muri Menari Rudat

Baca Juga

MINEWS, LAMPUNG – Puluhan ribu warga Kota Bandar Lampung tumpah ruah menari Rudat di Tugu Adipura, Minggu 28 Juli 2019. Tradisi arak-arakan penganten yang turut diikuti wali kota setempat Herman HN itu pun langsung memecahkan (MURI) dengan jumlah peserta terbanyak.

Dalam sambutannya, Herman mengucapkan terimakasih kepada warga kota berjuluk Tapis Berseri yang telah ikut serta pada kegiatan ini untuk memecahkan rekor MURI. Sebab festival tari Rudat kali ini melibatkan seluruh perwakilan dari masin-masing kelurahan, baik itu Paud, SD, dan SMP.

“Kenapa kita pilih tari Rudat karena ia bernuansa keagamaan sehingga perlu dilestarikan,” kata dia.

Sementara Ketua TP PKK Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengungkapkan, kegiatan ini bukan saja untuk mengejar rekor MURI namun, lebih kepada melestarikan dan mempertahankan budaya atau tradisi Lampung yang hampir punah.

“Hampir semua anak-anak tidak tahu Tari Rudat tapi sekarang mereka sudah tahu, karena dari SD hingga SMP, bahkan di kelurahan sudah kita bumingkan,” kata dia.

Perwakilan MURI Indonesia Triono mengatakan, Kota Bandar Lampung untuk sekian kali sudah masuk dalam rekor MURI bukan saja rekor Indonesia tapi juga rekor Dunia.

“Kegiatan malam ini MURI mencatat kota Bandarlampung memecahkan rekor dunia pagelaran rudat dengan peserta terbanyak dengan jumlah 15 ribu orang dan yang menarik dari acara ini adalah musik pengiring dari tari ini adalah berbahasa Lampung, sehingga akulturasinya semakin kuat,” kata dia.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini