Ramai Telur Infertil Berbahayakah? Ini Cara Membedakannya Menurut Ahli

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Saat ini masyarakat dihebohkan kembali dengan peredaran telur infertil yang tidak layak dikonsumsi.

Padahal, peredaran telur jenis ini sudah dilarang melalui Permentan No. 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi.

Dilansir dari laman Kementerian Pertanian, telur infertil adalah telur yang tidak mengalami pembuahan (fertilisasi) oleh sel sperma ayam jantan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Dirjen PKH Kementan), I Ketut Diarmita, mengatakan ada dua jenis telur infertil. Pertama yaitu telur infertil dari ayam ras petelur atau layer komersial hasil budidaya yang memang untuk konsumsi.

Kedua, telur infertil tetas atau hatching egg (HE) yang tidak dibuahi oleh sel sperma dari ayam jantan. Telur ini telah melewati masa inkubasi 18 hari di dalam mesin setter/inkubator.

Telur infertil jenis kedua ini dikategorikan sebagai limbah hatchery sehingga tidak layak konsumsi karena sudah mendekati rusak atau busuk.

“Telur HE dari breeding farm selama proses inkubasi dalam mesin setter banyak mengalami fumigasi, umumnya menggunakan formaldehid (formalin) untuk mencegah kontaminasi mikroorganisme,” kata Ketut dalam keterangan pers, Minggu 14 Juni 2020.

Telur ayam layer atau ras petelur tidak dapat dibedakan dari warna kerabang atau cangkangnya. Sebab, warna cangkang dipengaruhi deposit pigmen induk selama proses pembentukan telur dan ditentukan oleh genetik ayam, tidak ditentukan oleh asupan pakan dan tidak berkaitan dengan nilai gizi telur.

Lalu bagaimana memilih telur yang baik untuk dikonsumsi? Ada beberapa ciri-ciri telur berkualitas baik yang perlu Anda kenali.

  1. Warna cangkang

Warnanya sesuai jenis unggas dan seragam. Telur ayam ras petelur biasanya warnanya cokelat, telur ayam kampung berwarna putih kecokelatan, sedangkan telur ayam Arab berwarna putih. Warna telur bebek berbeda lagi, yaitu biru.

  1. Bentuk

Bentuk telur yang baik adalah bulat lonjong dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

  1. Permukaan

Pilih telur yang memiliki permukaan halus, mengkilap, tidak ada kotoran (kotoran ayam, noda hitam, atau pengapuran), dan tidak retak. Sebaiknya hindari telur dengan cangkang yang suram.

  1. Usia telur

Sebaiknya pilih telur segar atau belum lama diproduksi. Masa simpan telur konsumsi menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) 2018 adalah 14 hari setelah produksi pada suhu ruangan dengan kelembapan 80-90 persen dan 30 hari pada suhu dingin yaitu 4-7 derajat Celcius dengan kelembapan 60-70 persen.

Bagaimana membedakan telur segar dan lama? Anda bisa memasukkannya dalam air larutan garam 10 persen. Telur yang baik akan tenggelam, telur kurang baik akan melayang atau berada di tengah-tengah air, sedangkan telur yang tidak baik akan mengapung. Ini menunjukkan tinggi ruang kantung udara di dalam cangkang telur. Semakin tinggi kantung udaranya berarti semakin lama usia telur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini