Puasa Arafah Yuk! Ini Niat dan Keutamaannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah atau jatuh pada Senin 19 Juli 2021 besok. Ibadah sunnah ini punya keuatamannya yang luar biasa lho.

Tak main-main, siapa yang melaksanakan puasa Arafah dijanjikan Allah pengampunan dosa tahun lalu dan akan datang. Ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Muslim.

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”

Meskipun termasuk sunnah, tentu rugi bagi kamu yang mampu dan sanggup tapi tidak melaksanakannya. Pasalnya, janji Allah sudah jelas, pengampunan dosa tahun lalu dan akan datang. Cuma satu hari saja lho, gaes.

Lalu, bagaimana niat puasa Arafah? Sama seperti puasa di bulan Ramadan dan puasa sunah lainnya, tata caranya adalah menahan lapar dan haus, hawa nafsu, dan segala hal yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Berikut niat Puasa Arafah:

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala.”

Tiap muslim yang mampu dan memenuhi syarat berpuasa, maka dapat melakukan puasa Arafah. Namun puasa ini tidak disunnahkan bagi yang sedang melaksanakan ibadah haji.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini