Pragmatis, PKB Siap Berkoalisi dengan Siapa Saja di Pilpres 2024

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) cukup pragmatis menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menyampaikan partainya siap berkoalisi dengan siapa saja untuk kontestasi mendatang.

”Siap (berkoalisi) dengan siapa-siapa saja,” ujar Muhaimin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis 2 Desember 2021.

Dalam komunikasi antara PKB dan partai politik lain disebutnya belum membicarakan ihwal calon presiden dan wakil presiden untuk 2024. Namun, ia memastikan bahwa PKB akan berkoalisi dengan partai yang memiliki cita-cita yang sama.

“Belum ada satupun partai yang bicara presiden dan wapres, apalagi PKB. Semua partai sama saja, yang penting cita-citanya sama,” ujar Muhaimin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai, Pilpres 2024 akan diikuti tiga koalisi. Partainya pun akan berupaya memimpin salah satu poros tersebut.

Saat ini, mayoritas kader PKB berikhtiar untuk mengusung sang ketua umum partai, Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden (capres) di 2024. PKB namun realistis pencalonannya membutuhkan suara partai lain untuk menyanggupi syarat presidential threshold sebesar 20 persen.

“PKB punya modal sembilan sampai 10 persen. Tentu kalau koalisi dengan parpol menengah bawah, kita harus mengajak dua parpol lagi,” ujar Jazilul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini