Potensi Kelapa Sawit untuk Dikembangkan Jadi Produk Inovatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rektor IPB University, Prof. Arif Satria mengatakan selain menghasilkan minyak, ternyata kelapa sawit berpotensi dikembangkan menjadi berbagai jenis produk turunan.

Beberapa inovasi produk terkait sawit yang sudah dihasilkan IPB University di antaranya rompi antipeluru, helm, organik biosanitizer, hingga produk pakaian/jaket yang berasal dari limbah sawit.

Tidak hanya itu, dalam industri sawit, IPB University bekerja sama dengan PT Pupuk Kaltim sudah mengembangkan teknologi Precipalm, yakni penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) untuk pemupukan presisi. Selain itu, juga ada teknologi robotic pendeteksi tingkat kematangan buah sawit.

Robotic sudah banyak dikembangkan. Sekarang tinggal implementasi di lapangan karena kemajuan sebuah negara itu bisa dilihat dari makin tinggi PDB suatu negara yang biasanya diiringi dengan Global Innovation Index yang makin meningkat.

“Oleh karena itu, inovasi-inovasi ini merupakan tugas Perguruan Tinggi untuk meningkatkan Global Innovation Index kita,” katanya.

Dalam bidang pangan, disampaikan Prof. Arif, kelapa sawit berpotensi memenuhi kebutuhan gula untuk sektor industri. “Sekarang teknologi turunan dari limbah sawit untuk produksi gula sudah ada. Ini dengan proses bioteknologi. Jika teknologi sudah bisa dikuasai, tinggal negara kita membangun pilot project sehingga kebutuhan kita terhadap gula bisa tercapai dengan baik,” katanya.

Membahas aspek pangan, Prof. Arif optimis akan banyak terobosan-terobosan baru yang bisa dihasilkan.

“Pangan yang berbasis pada sawit ini dan kemudian pada aspek market khususnya di Eropa memang sangat krusial. Dengan beberapa duta besar seperti Jerman, Swiss, Belgia perlu diskusi bagaimana mengantisipasinya,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini