Polemik Israel Lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia, Menpora: Jauhkan Politik dari Sepak Bola

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menpora Zainudin Amali menjamin Israel bisa tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Dia menegaskan, jauh campur aduk politik dengan sepak bola.

Israel lolos ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 berstatus runner-up Grup B Piala Eropa U-19 di bawah Inggris.

Kelolosan Israel membuat banyak publik bertanya-tanya. Sebab, Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

Menpora Amali menjamin Israel bisa tampil di Piala Dunia U-20 meski Indonesia tak punya hubungan diplomatik. Dia menilai, politik harus dijauhkan dari semua olahraga, termasuk sepak bola.

“Sudah kami bahas sejak 2019. Semua negara yang lolos menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023, dipersilakan untuk bermain,” ujarnya.

“Jadi olahraga itu tidak ada urusan dengan politik. Karena itu FIFA sudah menyampaikan kepada kami, siapa pun negara yang lolos, harus bisa bertanding di Indonesia. Jadi, tidak ada masalah. Pasti pihak keamanan kita akan memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan,” katanya.

Hal serupa pernah terjadi saat Kejuaraan Dunia bulutangkis 2015 di Jakarta. Kala itu, pebulutangkis Israel, Misha Zilberman mendapat tiket tampil di kejuaraan tersebut. Sempat menimbulkan polemik, BWF (Federasi Bulutangkis Dunia) turun tangan dan akhirnya dia tetap diperbolehkan main dengan pengawalan ketat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini