PLN Andalkan PLTA Poso dan Malea untuk Dongkrak EBT

Baca Juga

MATA INDONESIA, MAKASSAR – Dukungan aktif PLN dalam mendongkrak porsi energi baru terbarukan (EBT) terlihat dengan kian gencarnya BUMN kelistrikan itu membangun pembangkit ramah lingkungan. Tak hanya itu PLN juga menyerap listrik hasil pembangkit EBT milik swasta seperti PLTA Poso dan PLTA Malea di Sulawesi.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai langkah PLN dalam menggenjot pengembangan pembangkit EBT, khususnya PLTA patut diapresiasi. Apalagi, potensi pengembangan EBT di Indonesia masih sangat besar. Khususnya sektor PLTA dan PLTMH, potensinya mencapai 95 GW.

”Potensi yang sangat besar ini bisa bermanfaat secara maksimal. Dukungan PLN menjadi hal yang sangat penting,” ujar Mamit, Minggu 27 Februari 2022.

Mamit menilai PLTA juga mempunyai kemampuan yang andal dari sisi pasokan dan utilitas. PLTA mempunyai daya tahan yang lebih lama, bisa menjadi pembangkit baseload juga mampu menjadi peaker.

“PLTA ini merupakan EBT yang bisa menjadi peaker atau mampu menjaga beban puncak jika dibandingkan dengan EBT yang lain seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) yang masih bersifat intermitten,” ujar Mamit.

Dari sisi kacamata penurunan emisi karbon, Mamit juga menilai PLTA merupakan pembangkit yang benar-benar zero emision karena tidak memerlukan topangan sumber energi lain yang berasal dari fosil.

Sedangkan dari sisi investasi, semakin berkembangnya teknologi maka investasi yang harus dianggarkan untuk PLTA makin murah. “Di awal investasinya memang masih tinggi tapi PLTA usianya juga akan lebih panjang dan biayanya lebih murah,” ungkap dia.

Tak hanya itu, lanjut Mamit, PLTA juga bisa menjadi konservasi sumber daya air serta memberikan manfaat lain yang cukup banyak.

“Untuk itu seluruh pihak perlu mendukung PLN dalam penyediaan PLTA saat ini. Apalagi, proyek PLTA merupakan salah satu proyek yang diutamakan di rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) 2021-2030,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini