Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Istana Holyroodhouse, Besok Diterbangkan ke London

Baca Juga

MATA INDONESIA, EDINBURGH – Peti mati Ratu Elizabeth II sudah tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh setelah melalui perjalanan selama enam jam dari Kastil Balmoral ke ibu kota Skotlandia.

Kerumunan pelayat berjajar di jalan-jalan desa dan kota, memberikan penghormatan kepada ratu saat rombongannya melintasi Skotlandia pada perjalanan delapan hari pertama ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Ratu Elizabeth II meninggal pada Jumat 9 September WIB pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral. Pemakamannya akan digelar di Westminster Abbey, London, pada 19 September.

Pada pukul 10 pagi waktu setempat, peti mati meninggalkan Balmoral, melakukan perjalanan melalui Skotlandia ke kediaman resmi keluarga kerajaan Inggris. Rombongan melewati beberapa desa dan kota Aberdeen dan Dundee, sebelum menyusuri Royal Mile di Edinburgh.

Kerumunan besar berkumpul di sepanjang trotoar Royal Mile, bahkan ada yang rela berkemah di situ demi memberikan penghormatan terakhirnya pada Ratu Elizabeth II.

Salah satu warga, Hilary Gemmel mengatakan, dia berkendara satu setengah jam ke Edinburgh bersama ibunya karena mereka ingin memberi penghormatan kepada ratu.

Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di Istana Holyroodhouse sekitar pukul 16.20 waktu setempat disambut oleh penjaga yang terdiri dari Resimen Kerajaan Skotlandia. Peti mati itu nantinya akan diletakkan di ruang takhta istana.

Hari ini, Senin 12 September 2022, peti mati akan dibawa ke Katedral St Giles, di mana masyarakat dapat memberikan penghormatan. Setelah itu, peti mati akan diterbangkan ke London pada Selasa 13 September. Peti mati akan disemayamkan di Westminster Hall.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini