Pertama di Dunia, Australia Luncurkan Layanan Antar Makan Via Drone

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Perusahaan di Australia, Wing memanfaatkan tehnologi drone untuk jasa layanan antar makanan lewat udara. Perusahaan di bawah naungan induk perusahaan Google, Alphabet Inc menjadi yang pertama di dunia yang menyediakan layanan tersebut.

Layanan ini diluncurkan usai melalui masa percobaan selama 18 bulan. Uji coba itu dilakukan untuk pengiriman aneka makanan dan minuman, obat-obatan hingga kopi dan cokelat.

Berdasarkan laporan The Guardian, badan pengawas penerbangan Asutralia telah menandatangani persetujuan layanan antar tersebut pada selasa lalu. Juru bicaranya, Casa Peter Gibson mengatakan bahwa pihaknya sudah memeriksa kondisi drone, sistem manajemen lalu lintas, pemeliharaan, pelatihan pilot drone hingga perencanaan operasional.

“Semua hal menyangkut keamanan telah dinilai sehingga tidak ada risiko bagi masyarakat yang ada di darat, properti atau pesawat terbang di langit,” kata Gibson pada Guardian Australia.

Lebih lanjut Gibson mengatakan bahwa persetujuan itu diberikan dengan beberapa peraturan ketat. Contohnya jam operasional, di mana pengiriman lewat drone hanya bisa dilakukan di siang hari.

Kemudian drone dilarang melintasi jalan-jalan utama hingga adanya jarak ketinggian minimun antara drone dan masyarakat. Dikutip dari Fox News, layanan antara via drone ini beroperasi di hari senin hingga jumat mulai dari jam 7 pagi.

Hanya saja selama proses percobaan, suara bising dari drone sempat membuat marah beberapa warga. Mereka mengklaim bahwa suara bising drone dapat terdengar meski di dalam ruangan jendela berlapis ganda. Hal itupun dicatat oleh pihak Wing.

Rencananya drone pengantar makanan ini akan dioperasikan di 100 rumah yang memenuhi syarat yang ada di pinggiran kota Crace, Palmerston dan Franklin di Canberra dalam beberapa minggu mendatang. Setelahnya Wing akan melebarkan layanan antar makanan ini ke wilayah Harrison dan Gungahlin.

“Layanan kami memungkinkan pelanggan untuk memesan berbagai bahan seperti makanan segar, kopi panas, atau bahan kimia melalui aplikasi seluler kami dan mengirimkannya langsung ke rumah mereka menggunakan drone dalam hitungan menit,” katanya.

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini