Perekonomian Kendal Meningkat, Pengamat: Dico Loyalis Muda Golkar yang Berprestasi

Baca Juga

Mata Indonesia, Jawa Tengah – Perekonomian Kabupaten Kendal terus meningkat beberapa tahun terakhir ini. Bahkan Kendal dinilai sebagai daerah yang ramah investasi bagi para investor khususnya di Kawasan Ekonomi Kendal.

Kondisi tersebut tak lepas dari kerja gigih Dico M Ganinduto, tokoh muda yang menjabat sebagai Bupati Kendal. Pengabdian loyalis Partai Golkar tersebut dalam membangun negeri khususnya Kendal, mendapat apresiasi dari Pengamat Politik Herry Mendrofa.

Herry Mendrofa menilai bahwa perkembangan ekonomi yang pesat di Kabupaten Kendal Kendal merupakan bukti tangan dingin Dico, yang mencurahkan kompetensi dan kemampuannya sebagai anak muda dalam memimpin pemerintahan.

“Tentunya Dico pemimpin yang berhasil. Sebab mendatangkan investor ke sebuah daerah kan artinya wilayah cukup potensial maka pendekatan berupa komunikasi dan negosiasi ini penting, dan Dico piawai soal ini,” kata Herry dalam keterangannya pada Rabu 16 Oktober 2024.

Sehingga menurutnya, kader muda Golkar yang cukup loyalis itu, bisa mendapat peluang untuk membangun Indonesia lebih luas.

“Saya rasa ya figur seperti Dico diberikan tempat dan peluang untuk membangun bangsa dan partainya ya. Ruang-ruang seperti ini seharusnya ada,” kata dia.

“Ide dan gagasan Dico memang dibutuhkan agar hal-hal yang baik di Kendal bisa didistribusikan energi dan semangatnya ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, pembangunan ekonomi Kabupaten Kendal di masa kepemimpinan Bupati Dico Ganinduto selama tiga tahun terakhir 2021-2023 menunjukkan perkembangan positif. Tercatat nilai investasi Kabupaten Kendal pada tahun 2023 berhasil mencapai 4,16 Triliun

Berdasarkan data dari tahun ke tahun, angka pembangunan ekonomi di Kabupaten Kendal lebih tinggi dibandingkan dengan provinsi Jawa Tengah ataupun nasional. Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal sebesar 5,56 persen.

Kemudian, tingkat pengangguran terbuka
(TPT) Kabupaten Kendal tercatat menurun secara signifikan ditahun 2023, dari 7,34 persen pada tahun 2022 menjadi 5,76 persen pada tahun 2023.

Penurunan ini didukung dengan adanya pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di Kabupaten Kendal dan semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia di Kabupaten Kendal.

Selanjutnya, nilai investasi Kabupaten Kendal pada tahun 2023 mecapai 4,16 Triliun. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kendal pada tahun 2023 mencapai 73,86.

Angka tersebut mengalami peningkatan 0.67 dari tahun sebelumnya yang sebesar 73,19. Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Kendal lebih tinggi dibandingkan Provinsi Jawa Tengah yaitu mencapai 73,39.

Lalu, Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kendal meningkat dibandingkan PAD Tahun sebelumnya, pertumbuhan PAD tahun 2023 sebesar 24,17 persen dibandingkan dengan PAD Tahun 2022.

Bahkan, dalam kurun waktu dari tahun 2021 sampai dengan 2023, PAD Kabupaten Kendal mengalami peningkatan.

Sementara itu, Dico juga merangkul generasi muda hingga musisi dengan menggratiskan para musisi yang akan membuat konten atau video klip di tempat-tempat wisata di wilayah Kendal.

Kebijakan tersebut dilakukan setelah mendengarkan curahan hati Ndaru atau Ndarboy Genk yang mengeluh bahwa banyak musisi yang dimintain bayar jika ingin membuat karya.

Sebagai bentuk keseriusannya memajukan UMKM, Dico juga pernah menginisiasi gerakan memajukan UMKM Jawa Tengah lewat ‘Ngegas Jateng’ dengan manggandeng selebritis yang juga pengusaha Raffi Ahmad.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peran Pemerintah dalam Ketahanan Pangan: Antara Harapan dan Kenyataan

Mata Indonesia, Yogyakarta - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang besar di bidang pertanian. Bahkan petani di Indonesia bisa dibilang cukup terampil hingga menciptakan vegetasi baru yang kerap dilirik dunia.
- Advertisement -

Baca berita yang ini