Penyekatan Suramadu Terbukti Efektif Tekan Penyebaran Covid-19 di Surabaya

Baca Juga

MATA INDONESIA, SURABAYA – Penyekatan di Jembatan Suramadu sisi Kota Surabaya sejak Minggu 6 Juni 2021 efektif menekan laju penyebaran Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Jawa Timur. Pembina Persakmi Jawa Timur Estiningtyas Nugraheni, Kamis 10 Juni 2021 mengatakan keputusan yang dilakukan Satgas Covid-19 Surabaya dengan menerapkan penyekatan di Jembatan Suramadu sangat tepat.”Itu cukup efektif menapis (skrining) orang yang masuk ke Surabaya,” kata Estiningtyas.

Apalagi,  terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan dapat berpengaruh terhadap kondisi di Kota Surabaya. Pengaruh itu bisa dilihat dari keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) di beberapa rumah sakit atau ruang isolasi di Surabaya.”Jumlah positif naik dari data yang terpublikasi sudah ketahuan. Penghuninya Asrama Haji, Rumah Sakit Lapangan itu kan naik,” kata Esti.

Berdasarkan pengamatannya, dua minggu pasca-Lebaran, kasus COVID-19 di Surabaya ada kenaikan. Tapi, persentase kenaikan ini dinilainya masih di bawah 30 persen. Namun, pascaterjadi peningkatan kasus di Bangkalan, kenaikan di Surabaya cukup signifikan.c ”Saat minggu ketiga (pasca-Lebaran) adanya kasus di tetangga (Bangkalan), naiknya (Surabaya) sampai di atas 50. Berarti kan secara kasat mata saja sudah signifikan,” ujarnya.

Faktor lain yang mempengaruhi adanya penambahan kasus ini, karena tingginya mobilitas masyarakat di Kota Pahlawan, seperti warga luar daerah yang setiap harinya bekerja di Surabaya. ”Penyakit ini berkaitan dengan pertemuan antarorang, menularnya dari orang ke orang. Ada intersection atau irisan-irisan kegiatan manusia. Dia domisili di mana, bekerjanya di mana, atau dia pada waktu akhir pekan pergi ke mana, nanti balik lagi ke Surabaya,” ujarnya.

Ia setuju ketika Satgas Covid-19 Surabaya mulai menerapkan skrining di kaki Jembatan Suramadu maupun di Dermaga Ujung, Tanjung Perak. Sebab, tidak mungkin akses masuk ke Surabaya ditutup total untuk mencegah laju penyebaran Covid-19.”Surabaya kalau ditutup banget (total) tidak bisa, karena banyak pegawai yang dari luar Surabaya. Karena itu, masuk Surabaya harus pakai swab,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini