Home News Pengibaran dan Pembakaran Bendera di Taiwan Menandai Hari Nasional Cina

Pengibaran dan Pembakaran Bendera di Taiwan Menandai Hari Nasional Cina

0
187
Pengibaran dan pembakaran bendera Cina
Pengibaran dan pembakaran bendera Cina: (Reuters)

MATA INDONESIA, TAIWAN – Dua kelompok kecil Taiwan menandai hari Nasional Cina pada 1 Oktober 2022 dengan mengibarkan bendera cina sekaligus membakarnya. Tanggapan tersebut sangat berlawanan dengan meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan.

Tanggal 1 Oktober merupakan tanggal di mana Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949. Peristiwa ini ditandai dengan pemerintah Republik Tiongkok yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada akhir tahun tersebut.

Hari nasional Tingkok tidak secara resmi diperingati dengan cara apapun oleh warga Taiwan.  Namun beberapa kelompok kecil di taiwan memang memperingati hari nasional Cina, ada yang dengan bangga menjadi orang Cina atau bahkan marah terhadap Beijing yang mengancam Taiwan akhir-akhir ini.

Apalagi Cina akhir-akhir ini sedang menggelar latihan perang di dekat kawasan Taiwan pada bulan Agustus 2022.

Di bagian pedesaan Tainan di Selatan, Partai Komunias Rakyat Taiwan mengumpulkan sekitar 200 orang, sebagian besar adalah golongan lansia. Mereka beramai-ramai menyanyikan lagu Cina dan mengibarkan bendera negara itu hingga selanjutnya membakarnya.

Lin Te-Wang, ketua partai yang tidak memiliki pejabat terpilih dan sangat marginal, mengatakan bahwa Cina bukanlah ancaman meskipun latihan perang baru-baru ini dikutuk oleh semua partai di Taiwan.

Partai Pembangunan Negara Taiwan yang pro-kemerdekaan membakar bendera Cina di sebuah kapal di lepas pantai selatan Taiwan di area laut tempat Cina menggelar latihan militer Agustus ini. Mereka menerikkan slogan-slogan termasuk “lindungi Taiwan Sampai Mati.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here