Peneliti katakan Bank BUMN Jadi Motor Penggerak Pembiayaan Berkelanjutan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Analis Senior Climate Policy Initiative (CPI), Luthfyana Larasati mengatakan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mayoritas menjadi motor penggerak pembiayaan berkelanjutan.

“Dari situ kita lihat wah bank BUMN dia masuk inisiatif duluan, first mover dulu, memberi contoh ke teman-temannya,” katanya dalam acara Diskusi Publik dan Media di Jakarta.

Luthfy mengatakan bank BUMN yang menjadi motor penggerak pembiayaan berkelanjutan pada sekitar 2015-2016 meliputi Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta Bank Syariah Indonesia (BSI) yang saat itu meliputi Mandiri Syariah, BNI Syariah dan
BRI Syariah.

Selain bank BUMN tersebut, ternyata terdapat bank lain yang turut menjadi motor penggerak sustainable finance yaitu BCA, Bank Muamalat, Bank Artha Graha serta Bank BJB.

Kemudian, pemain pembiayaan berkelanjutan pun bertambah lima bank pada 2019 yaitu HSBC, OCBC NISP, Maybank, CIMB Niaga dan Panin Bank, sehingga saat ini totalnya ada 13 bank.

Bertambahnya jumlah perbankan yang bergelut di pendanaan berkelanjutan ini salah satunya didorong oleh dikeluarkannya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

Luthfy menyebutkan dalam POJK 51 disebutkan 12 kategori kegiatan usaha berkelanjutan dengan 11 di antaranya masuk dalam aspek sustainability, sedangkan satu sisanya diperuntukkan bagi kegiatan UMKM.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini