Peneliti: Bawang Ternyata Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bawang diketahui hanya sebagai bumbu dapur untuk segala bentuk makanan. Namun, tahukah Anda bahwa bawang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Penelitian terbaru menemukan, manfaat konsumsi bawang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Temuan ini didapat setelah peneliti menganalisis manfaat kesehatan bawang merah dan bawang putih yang digunakan dalam sofrito, makanan pokok berupa saus sambal di Puerto Riko.

Ini merupakan studi berbasis populasi pertama di dunia yang melihat hubungan konsumsi bawang merah dan bawang putih terhadap kanker payudara.

Peneliti dari University at Buffalo tersebut menganalisa pola makan 600 perempuan di Puerto Riko dari 2008 hingga 2014. Hasilnya, perempuan yang makan sofrito lebih dari sekali sehari memiliki risiko 67 persen lebih rendah terkena kanker payudara ketimbang perempuan yang tidak mengonsumsi sofrito.

Temuan ini juga sebanding dengan tingkat kejadian kanker payudara di Puerto Riko yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat.

“Kami menemukan bahwa di antara wanita Puerto Riko, asupan bawang merah dan bawang putih, serta sofrito, dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara,” kata peneliti Gauri Desai dari, dikutip dari situs kesehatan Medical Daily.

Desai mengatakan bawang merah dan bawang putih mengandung senyawa flavonol dan organosulfar yang berpotensi mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel kanker.

Senyawa itu kata dia, memiliki sifat antikarsinogenik pada manusia maupun dalam studi hewan percobaan. Peneliti menyarankan untuk rutin mengonsumsi bawang merah dan bawang putih karena bermanfaat bagi kesehatan dan menurunkan risiko kanker payudara.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini