Pemerintah Rusia Batasi Akses ke Facebook

Baca Juga

MATA INDONESIA, MOSKOW – Pemerintah Rusia membatasi akses ke Facebook, setelah perusahaan media sosial raksasa itu menolak mematuhi perintah otoritas Rusia menghentikan pemeriksa fakta dan label peringatan konten pada platformnya di tengah serangan terhadap Ukraina.

Regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor, mengatakan bahwa Facebook telah mengabaikan tuntutannya untuk mencabut pembatasan pada empat outlet media Rusia di platformnya – kantor berita RIA, TV Zvezda Kementerian Pertahanan, dan situs web gazeta.ru dan lenta.ru.

“Sesuai dengan keputusan Kejaksaan Agung, mulai 25 Februari, pembatasan akses sebagian diberlakukan oleh Roskomnadzor di jejaring sosial Facebook,” kata regulator dalam sebuah pernyataan, melansir Al Jazeera.

Jaringan media sosial telah menjadi salah satu front dalam invasi skala penuh Rusia ke Ukraina, dengan informasi yang menyesatkan tetapi juga pemantauan waktu nyata mengenai konflik yang berkembang pesat.

Pasukan Rusia telah bergerak lebih dekat ke ibukota Ukraina, Kiev, saat pertempuran berdarah terjadi secara nasional pada hari kedua serangan Rusia terhadap tetangganya.

PBB mengatakan lebih dari 50.000 warga Ukraina telah melarikan diri ke negara lain sejak invasi dimulai. Sementara puluhan ribu lainnya juga mengungsi, mencari perlindungan di gereja, ruang bawah tanah, dan stasiun metro bawah tanah.

“Pihak berwenang Rusia memerintahkan kami untuk menghentikan pemeriksaan fakta independen dan pelabelan konten yang diposting di Facebook oleh empat organisasi media milik negara Rusia,” demikian pernyataan Wakil Presiden urusan global di perusahaan induk Facebook, Meta.

“Kami menolak. Akibatnya, mereka mengumumkan akan membatasi penggunaan layanan kami,” tulis Nick Clegg dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di Twitter.

“Orang Rusia biasa menggunakan aplikasi kami untuk mengekspresikan diri dan mengatur tindakan. Kami ingin mereka terus membuat suara mereka didengar, membagikan apa yang terjadi, dan mengatur melalui Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger,” tuturnya.

Moskow telah berusaha untuk melakukan kontrol yang lebih ketat atas internet dan teknologi besar selama bertahun-tahun, sesuatu yang menurut para kritikus mengancam kebebasan individu dan perusahaan. Ini merupakan bagian dari tindakan keras yang lebih luas terhadap penentang terang-terangan Kremlin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini