Pemda di Sekitar IKN Diminta Kreatif Menarik Investor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah daerah (Pemda) di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diimbau dapat kreatif memanfaatkan peluang untuk menarik investor. Hal itu dikatakan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian.

“Misalnya membangun enclave atau daerah kantong di Penajam Paser Utara, di situ one stop service ada restoran, ada malnya, ada tempat penginapan yang menarik (dan) ramah lingkungan, sehingga orang yang mau ke IKN dia ke sana,” kata Mendagri.

Tito meminta, agar pemda dapat menyusun grand design yang berisi rencana pembangun, baik berupa jangan pendek, sedang, maupun panjang sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

Mendagri menegaskan, upaya menarik para investor itu, perlu dilakukan pemda di samping pemerintah pusat juga membantu pembangunan di daerah sekitar IKN.

Hal itu, seperti dukungan penyediaan jaringan listrik, infrastruktur jalan, dan kebutuhan lainnya. “Pemda juga tetap perlu membuat sistem yang mampu menarik investor,” ujarnya.

Mendagri menekankan, pentingnya keberadaan investor untuk mendukung pembangunan di daerah. Dirinya meyakini, para investor bakal melihat berbagai potensi peluang yang ada di IKN.

Mendagri memprediksi, nantinya, akan banyak investor yang masuk ke daerah sekitar IKN seperti Kabupaten Penajam Paser utara, Kota Samarinda, dan daerah sekitar lainnya.

Menurut Tito, daerah di sekitar IKN akan dikunjungi oleh berbagai pihak, baik untuk urusan pemerintahan, swasta, termasuk tamu dari berbagai negara.

“Semua nanti akan berkepentingan ke sini ke IKN, nah itu dampaknya luar biasa,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini