Peluang Pasar Besar, Pemerintah Dorong Penggunaan Obat Asli Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah mendorong agar obat-obatan asli yang bahan bakunya diolah dari alam Indonesia digunakan secara luas dan bersaing di pasar-pasar farmasi, baik dalam negeri maupun internasional.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) memiliki manfaat yang tak bisa diragukan. Apalagi, kini dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19, produksi bahan baku farmasi di Cina tengah goyah, Indonesia bisa mengambil kesempatan pasar tersebut.

“Obat kita ini efek sampingnya sangat kecil, bahkan hampir tereliminir, dianggap tidak ada lah. Jadi menurut saya ini potensi pasar yang luar biasa,” kata Menkes di Cikarang, Jumat 21 Februari 2020.

Di sisi yang lain, Menkes Terawan yakin, dengan penggunaan obat berbahan baku asli Indonesia, maka akan dapat menekan harga menjadi lebih terjangkau. Nilai lebihnya, Indonesia akan bebas dari ketergantungan impor farmasi.

“Untuk mencapai target mengurangi ketergantungan impor bahan baku dan alat kesehatan Kementerian Kesehatan akan melakukan percepatan dengan mendorong investasi bahan baku, produk obat, serta alat kesehatan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini