Para Pemimpin Dunia Apresiasi Kinerja Presiden Jokowi Di Bidang Ekonomi dan Perdamaian Dunia

Baca Juga

Jakarta – Kepemimpinjan Presiden Joko Widodo mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di era Jokowi, kekuatan kerjasama dan diplomasi Indonesia terbukti mendapat sambutan positif bahkan diperhitungkan negara-negara dunia. Salah satunya adalah ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam merumuskan deklarasi dan komitmen bersama mengatasi persoalan air dan sanitasi dalam World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, pada 18-25 Mei 2024 lalu.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB, Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan bahwa pihak PBB menyatakan penghargaan atas kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi dalam menyelenggarakan forum penting dlam rangka mengatasi krisis global.

“Atas nama PBB, saya ingin menyatakan penghargaan atas kepemimpinan yang ditunjukkan oleh Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan forum penting ini,” kata Armida.

Bukan hanya dibidang ekonomi, namun Indonesia, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, juga mendapatkan pujian atas upayanya untuk menwujudkan perdamaian dunia. Delegasi Biro Committee on the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP) atau Komite Palestina PBB menyatakan apresiasinya terhadap komitmen Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Bahkan Presiden Jokowi menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina, yakni “Grand Collar Order of the State of Palestine”, yang diserahkan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina, Riyad Al Maliki, di Istana Merdeka, Jakarta.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan.

Riyad Al Maliki, Penasihat Khusus Presiden Palestina, juga mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk penghormatan atas upaya Presiden Jokowi.

“Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas upaya Presiden Jokowi dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Palestina serta dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan,” tuturnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” kata Retno.

Sebelumnya, Menlu Retno juga menyebut bahwa dalam berbagai tugasnya mendampingi Presiden Jokowi ke berbagai negara, para pemimpin dunia memberikan apresiasi kepada Jokowi dalam upaya perdamaian dunia.

“Kedua, di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara dunia,” ucap Retno.

Presiden Jokowi terus berupaya untuk mewujudkan perdamaian dan kondusifitas. Di dalam negeri pun Upaya Presiden ketujuh RI ini diakui sejumlah pihak, terutama menjelang transisi pemerintahan baru.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan proses transisi pemerintahan yang damai dan inklusif dapat menciptakan stabilitas politik dan mendukung keberhasilan program pemerintah.

“Tugas selanjutnya adalah merangkul semua pihak untuk tetap bersatu membangun bangsa Indonesia dan memastikan proses transisi pemerintahan berlangsung damai dan inklusif,” ucap Wapres.

Wapres juga menyatakan pada sisa masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, pemerintah akan terus memastikan bahwa program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi terus dilanjutkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya memastikan transisi pemerintahan yang mulus ke depan, guna menjaga stabilitas politik nasional, dan menciptakan citra yang baik di dunia internasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengapresiasi Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat Adat Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Papua

Oleh: Melky Tabuni* Pemerintah terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan aspirasi masyarakat adat di Papua melalui pendekatan pembangunan yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini