Para Guru, Awas Jadi Korban Calo dalam Seleksi PPPK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan para guru peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar mewaspadai dan menghindari praktik calo yang merugikan.

“Saya merasa prihatin dengan peredaran informasi calo dan uang pelicin yang meresahkan guru honorer ini. Saya mewakili Kemendikbud mengimbau khususnya kepada para guru calon peserta seleksi PPPK agar tidak terbujuk modus-modus penipuan semacam ini yang justru akan merugikan calon peserta sendiri,” kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril, Minggu 14 Maret 2021.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim sudah menegaskan, semua peserta seleksi PPPK wajib melalui proses yang amanah demi menjaga kualitas dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Kemendikbud juga sudah memperkenalkan Program Guru Belajar dan Berbagi-Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Program ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional para peserta dengan mengedepankan konsep ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran.

Seri Belajar Mandiri ini dapat diakses secara daring dan bebas biaya melalui laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id.

“Kami mengimbau para guru honorer dan lulusan pendidikan profesi guru untuk dapat memanfaatkan program pembelajaran yang ada di Seri Belajar Mandiri sebagai usaha penguatan kapasitas pribadi sebelum mengikuti tes seleksi ASN PPPK. Mari kita semua membuktikan integritas diri melalui seleksi yang adil, bersih, dan demokratis,” ujar Iwan.

Masalah praktik calo seleksi ASN PPPK ini, Iwan memastikan akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menginvestigasi lebih lanjut dan menindak para oknum yang meresahkan.

Kepada masyarakat yang mengetahui informasi tentang praktik calo ini juga dapat menyampaikan laporan pada laman resmi Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud, yakni ult.kemdikbud.go.id atau https://kemdikbud.lapor.go.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini