Otsus Papua Jangan Hanya Dinikmati Segelintir Elite

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Otonomi Khusus (Otsus) di Papua dan Papua Barat harus fokus pada efektivitas program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuannya, supaya bisa terasa oleh seluruh elemen masyarakat. ”Percepatan pembangunan kesejahteraan dan Otsus Papua harus fokus pada efektivitas program. Agar setiap rupiah benar-benar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya oleh segelintir pihak di level elite,” ujar Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani.

Jaleswari turut menekankan, ihwal pentingnya perbaikan tata kelola pemerintah secara menyeluruh, terkhusus di daerah. Menurutnya, ada lima aspek perbaikan dalam implementasi Inpres 9/2020.

Antara lain, kualitas perencanaan dan penganggaran. Monitoring evaluasi dan pengendalian program. Kualitas layanan dasar, dan kualitas SDM aparatur. “Yang tak kalah pentingnya adalah sinergitas kelembagaan pusat-daerah,” ujarnya.

Terkait afirmasi kebijakan rekrutmen ASN, debottlenecking proyek infrastruktur strategis, serta skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua dan Papua Barat yang masih di bawah rerata nasional menunjukkan bahwa implementasi inpres harus bisa menyelesaikan hal tersebut.

“Semua masukan akan menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah pusat, untuk bersinergi intensif dengan daerah untuk melaksanakan programnya, agar lebih tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini