OMG, AS Terancam Kehabisan Uang Kas!

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen melaporkan bahwa AS terancam kehabisan uang kas pada 18 Oktober. Pernyataan ini ia utarakan menjelang sidang kongres bersama dengan ketua Federal Reserve, Jay Powell.

“Pada saat itu, kami berharap Departemen Keuangan akan memiliki sumber daya yang sangat terbatas yang akan habis dengan cepat. Tidak pasti apakah kita dapat terus memenuhi semua komitmen bangsa setelah tanggal itu,” kata Janet Yellen, melansir Irish Times.

“Kami tahu dari kebuntuan batas utang sebelumnya bahwa menunggu hingga menit terakhir dapat menyebabkan kerugian serius bagi bisnis dan kepercayaan konsumen, meningkatkan biaya pinjaman bagi pembayar pajak, dan berdampak negatif terhadap peringkat kredit Amerika Serikat untuk tahun-tahun mendatang,” sambungnya.

“Kegagalan untuk bertindak segera juga dapat mengakibatkan gangguan substansial pada pasar keuangan, karena ketidakpastian yang meningkat dapat memperburuk volatilitas dan mengikis kepercayaan investor,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa Kongres harus menaikkan batas utang atau mengambil risiko, yakni bencana bagi perekonomian dan krisis keuangan. Yellen juga memperingatkan bahwa kelayakan kredit AS akan dikompromikan.

Yellen menambahkan dalam sambutannya kepada anggota parlemen bahwa dia optimis tentang lintasan jangka menengah ekonomi dan mengharapkan kembalinya pekerjaan penuh pada 2022.

Meskipun demikian, dia memperingatkan risiko lanjutan yang ditimbulkan oleh varian Delta, yang telah meredam sentimen konsumen dan membatasi aktivitas bisnis di Negeri Paman Sam.

“Kami berada di tengah pemulihan yang rapuh tetapi cepat dari resesi yang disebabkan oleh pandemi,” kata Yellen.

“Sementara ekonomi kita terus berkembang dan mendapatkan kembali sebagian besar pekerjaan yang hilang selama tahun 2020, tantangan signifikan dari varian Delta terus menekan kecepatan pemulihan dan menghadirkan hambatan substansial bagi ekonomi yang dinamis,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini