Nyari Tempat Salat Jumat di Jakarta? Barangkali 5 Masjid Keren Ini Cocok Buatmu

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bingung mau salat Jumat dimana? Kamu butuh suasana jumatan yang beda dari masjid biasa tempat kamu menjalani ibadah wajib tersebut? Tenang aja, di Jakarta banyak kok masjid-masjid yang keren.

Dari banyak masjid di Jakarta, Mata Indonesia News merekomendasikan 5 masjid terbaik yang cocok buat kamu untuk salat Jumat. Masjid-masjid ini juga punya nilai sejarah yang kental loh. Yuk, simak!

1. Masjid Luar Batang

Dibangun oleh Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus, Masjid Jami Keramat Luar Batang ini sudah ada sejak abad ke-18. Lokasinya di Penjaringan, Jakarta Utara, tepat di tengah-tengah pemukiman warga. Ya, coba-coba deh sesekali salat di masjid tua ini.

2. Masjid Istiqlal

Pasti tahu dong ya masjid raksasa ini. Terletak di pusat Jakarta, Masjid Istiqlal selalu ramai pengunjung yang datang untuk beribadah. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Ir Soekarno yang meresmikan peletakan batu pertamanya pada 24 Agustus 1951.

3. Masjid Agung Sunda Kepala

Kalau kamu berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, atau lagi main-main di sekitaran Taman Suropati, coba deh kunjungi masjid ini, deket kok. Masjid Agung Sunda Kelapa dibangun oleh Ir Gustaf Abbas pada tahun 1960-an.

4. Masjid Al Makmur Cikini

Terletak di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, masjid bersejarah ini sudah berdiri sejak 1890. Awalnya, masjid ini adalah sebuah pindahan dari surau yang dibangun Raden Saleh di samping rumahnya pada 1860. Yuk, sesekali jumatan di masjid ini.

5. Masjid Agung Al Azhar

Masjid ini ditetapkan oleh Pemda DKI Jakarta sebagai salah satu dari 18 situs tapak sejarah perkembangan Jakarta dan dijadikan cagar budaya pada 1993. Terletak di komplek sekolah Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, masjid ini selesai dibangun pada 1958 oleh 14 tokoh Masyumi.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini