Musik Tradisi akan Masuk Kurikulum PAUD hingga SMA

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siswa sekolah mulai dari PAUD hingga SMA akan diwajibkan untuk belajar musik tradisi. Hal ini diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dalam webinar Hari Angklung se-Dunia, Senin, 8 November 2021.

Nadiem menyebut telah menerima hasil rekomendasi kongres musik tradisi Nusantara. Kongres yang berlangsung pada September 2021 itu merekomendasikan untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi dalam pendidikan.

Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal maupun informal. Baik itu di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Sekolah Luar Biasa.

”Dengan memasukkan musik tradisi ke dalam kurikulum Indonesia, anak-anak Indonesia akan ingat bahwa mereka adalah pewaris seni tradisi yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal,” ujar Nadiem.

Menurutnya, ketika musik tradisi Nusantara masuk dalam kurikulum, maka pelestarian budaya akan menjadi mudah. “Pelajar akan bergerak untuk melestarikan dan mengembangkan hal ini lebih lanjut,” ujarnya.

Peringatan Hari Angklung se-Dunia pada 16 November 2021, bakal jadi momentum melestarikan bersama kebudayaan musik tradisi. Termasuk, angklung yang telah menjadi warisan budaya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini