Miliki Harta Rp35,57 Triliun, Trump Tersingkir dari Daftar Orang Terkaya AS

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Forbes merilis daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat (AS) tahun ini. Menariknya, nama mantan Presiden AS, Donald Trump tak ada lagi dalam daftar tersebut untuk yang pertama kalinya sejak 25 tahun terakhir.

Melansir Forbes, kekayaan Trump saat ini mencapai angka 2,5 miliar USD atau sekitar 35,57 triliun Rupiah! Namun, nominal yang fantastis ini masih kurang 400 juta USD untuk membuatnya masuk dalam daftar 400 orang terkaya di Negeri Paman Sam.

Tahun lalu, Trump berada di peringkat ke-339 sebagai orang terkaya di AS. Akan tetapi, harta kekayaan suami dari Melania Trump itu turun 600 juta USD sejak awal pandemi.

Saham teknologi, cryptocurrency, dan aset lainnya telah berkembang pesat di era Covid. Tetapi properti kota besar—yang merupakan bagian terbesar dari kekayaan Trump, merana. Alhasil, Trump tersingkir dari klub paling eksklusif di negara itu.

Trump sejatinya memiliki kesempatan emas untuk mendiversifikasi kekayaannya pada 2016. Pada pemilihan di tahun yang sama, pejabat etika federal mendorongnya untuk melepaskan aset real estatnya. Sehingga memungkinkannya untuk menginvestasikan kembali hasilnya ke dalam dana indeks berbasis luas dan menjabat bebas dari konflik kepentingan.

Namun, Trump memilih untuk mempertahankannya. “Saya benar-benar dapat menjalankan bisnis saya dan menjalankan pemerintahan pada saat yang sama,” katanya kepada kerumunan wartawan yang berkumpul di Trump Tower kala itu.

“Saya tidak suka tampilannya, tetapi saya akan bisa melakukan itu jika saya mau. Saya akan menjadi satu-satunya orang yang bisa melakukan itu,” sambungnya.

Trump memutuskan untuk mempertahankan asetnya. Pada saat itu, mereka bernilai sekitar 3,5 miliar USD, setelah dikurangi utang. Jika dia memilih untuk menjual segalanya, ada kemungkinan dia harus membayar pajak capital gain yang signifikan.

Trump memperoleh lima kepemilikannya yang paling berharga sejak lama, jadi dia kemungkinan memiliki keuntungan besar yang tidak dikenai pajak yang terkunci di masing-masingnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini