Miliki Fasilitas Lengkap, AMN Manado Membutuhkan Dukungan Pemuda

Baca Juga

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) terbukti sukses dalam mewujudkan adanya integrasi bangsa melalui bersatunya para pemuda. Sehingga dengan bukti tersebut, maka sudah saatnya kini para anak muda mampu bergabung bersama pada program baik tersebut mengingat program tersebut memiliki fasilitas lengkap dari asrama hingga sarana olah raga.

Bergabungnya para putra dan putri terbaik penerus generasi bangsa yang merupakan para pemuda dalam Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang dibangun oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) tersebut juga menjadi salah satu langkah konkret mereka untuk berperan aktif dalam mengaktualisasikan integrasi bangsa.

Bukan tanpa alasan, pasalnya integrasi bangsa memang benar-benar ditekankan dan ditanamkan pada AMN tersebut, yakni dengan ditandai bagaimana para mahasiswa yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara dan memiliki beragam sekali latar belakang, mereka hidup dalam satu atap dan menjalankan keseharian bersama serta terus dibekali dengan wawasan kebangsaan.

Adanya integrasi bangsa, terlebih pada sebuah negara yang memiliki banyak sekali latar belakang masyarakat seperti Indonesia ini merupakan sebuah hal yang sangatlah penting. Terlebih, integrasi bangsa sendiri juga telah menjadi salah satu tujuan atau cita-cita negara sebagaimana yang diinginkan oleh para pendiri bangsa terdahulu melalui penerapan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jika hendak menerapkan semboyan tersebut secara menyeluruh dan utuh, maka sudah menjadi hal yang sangat wajib segenap elemen bangsa mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan meski di tengah keberagaman.

Tanpa adanya integrasi bangsa, maka suatu negara juga akan sangat mudah atau rawan terjadi perpecahan dan sangat gampang untuk dihasut oleh pihak lain yang sama sekali tidak bertanggungjawab. 

Oleh karena bagaimana pentingnya untuk terus merawat integrasi bangsa tersebut, maka seluruh generasi muda memiliki kewahiban untuk mewujudkan dan mempertahankannya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu langkah untuk mendidik para generasi muda penerus bangsa supaya memiliki nilai-nilai kebangsaan dan cinta kepada Tanah Air sehingga mampu terus merawat atau menjaga integrasi bangsa tersebut adalah dari bagaimana upaya BIN RI membangun AMN di beberapa titik di Indonesia.

Diketahui bahwa sebelumnya, Asrama Mahasiswa Nusantara sendiri telah berdiri tegak dan menjadi salah satu tonggak para pemuda bangsa untuk mewujudkan integrasi bangsa, bertempat di Kota Pahlawan Surabaya. 

Kemudian karena keberhasilannya mendidik seluruh generasi muda dan mengkader para calon pemimpin bangsa yang memiliki karakter kebangsaan kuat namun dengan daya saing bertaraf internasional, maka Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menugaskan kepada Badan Intelijen Negara untuk melanjutkan pengadaan AMN hingga ke beberapa titik lain menyebar di seluruh pelosok Nusantara.

Maka dari itu, kini AMN juga telah dibangun di Manado sebagai bentuk tindak lanjut akan instruksi tersebut. Selain itu, sebagai upaya nyata dari BIN memberikan fasilitas sangat lengkap kepada para pemuda bangsa supaya mereka bisa berkontribusi secara aktif dan positif dalam merawat integrasi bangsa.

Bahkan, tidak hanya akan dibangun di Surabaya dan Manado saja, melainkan Asrama Mahasiswa Nusantara itu juga ke depannya akan terus digencarkanpembangunannya hingga di beberapa wilayah seperti Makassar, Yogyakarta, Malang dan juga Jakarta Selatan.

Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) AMN Manado, Idham Malik mengatakan bahwa tujuan utama dari pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara tersebut adalah sebagai bentuk wadah untuk semakin mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi penerus generasi bangsa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sehingga nantinya diharapkan mereka semua bisa saling mengenal satu sama lain dan juga saling menghargai adanya perbedaan budaya masing-masing serta terus menjaga kerukunan dan kekompakan untuk semakin memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI dan merawat integrasi bangsa.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut), Steve Kepel berharap supaya ke depannya Gedung AMN yang diinisasi oleh BIN RI tersebut bisa memberikan andil dalam pembangunan atau peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Tentunya pembangunan gedung Asrama Mahasiswa Nusantara itu tidak hanya sekedar menjadi pekerjaan fisik semata, namun juga mampu menjadi sebuah simbol dari betapa kuatnya komitmen Badan Intelijen Negara terhadap pembangunan dan pengembangan kualitas SDM muda bangsa.

Melalui pembangunan asrama tersebut, maka akan bisa menciptakan sebuah lingkungan yang sangat kondusif bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai macam daerah di seluruh pelosok Nusantara untuk belajar, berkreasi dan berkolaborasi sebagai langkah yang signifikan untuk mendukung penuh visi bangsa ini menciptakan generasi muda yang unggul dan siap bersaing pada level nasional hingga internasional.

Konsultan pembangunan AMN dari Universitas Indonesia (UI), Gumilar terdapat empat nilai inti atau core values dari pendidikan multikultural yang terus diberikan dalam asrama tersebut, yakni apresiasi pada multikultural, kemudian pengakuan harkat manusia dan HAM, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, serta pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi.

Dengan berbagai macam benefit dari Program AMN tersebut, maka kini sudah saatnya para generasi muda penerus bangsa mengetahui dan menyadari betapa pentingnya upaya untuk terus menjaga atau merawat integrasi bangsa dengan bergabung bersama pada program ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini