Menolak Kenaikan BBM Sama dengan Membela Orang Mampu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah kalangan menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya pertalite dan solar bersubsidi. ”Menolak kenaikan harga BBM maka sama seja dengan membela orang kaya. Sebab mayoritas pengguna bahan bakar jenis pertalite adalah orang mampu,” ujar Direktur Eksekutif Reforminer Institue, Komaidi Notonegoro, dalam diskusi Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Rabu 14 September 2022.

Komaidi menyampaikan berdasarkan data, 70 persen pengguna kendaraan roda empat menggunakan bahan bakar bersubsidi. Sementara hanya 30 persen pemilik roda dua yang memberi minum kendaraannya dengan pertalite.

“Secara akumulatif, pengguna pertalite didominasi oleh orang-orang kaya. Kalkulasinya, pengguna bahan bakar bersubsidi itu 70 persen penggunanya adalah pemilik roda empat. Sementara roda 2 hanya 30 persen,” ujarnya,

Komaidi memaparkan penduduk miskin Indonesia pada 2022 mencapai angka 26,11 juta jiwa. Rata-rata dari mereka tidak mempunyai kendaraan bermotor, sebab hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan primer.

Alhasil, alokasi subsidi pemerintah untuk BBM di lapangannya tidak sesuai peruntukkan lantaran penduduk miskin tidak membeli BBM subsidi.

“Sehingga alokasi BBM bersubsidi, umumnya tidak kepada mereka. Artinya, subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah untuk mensubsidi orang mampu di Indonesia, bukan orang miskin,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini