Mengenal Gus Miftah, Guru Spiritual Deddy Corbuzier yang Konsisten Dakwah di Kelab Malam

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Nama Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah belakangan ini kembali menjadi perbincangan hangat. Ia disoroti karena telah menjadi guru spiritual yang membawa Deddy Corbuzier sampai memeluk Islam mulai Jumat 21 Juni 2019 hari ini.

Kelahiran 05 Agustus 1981, di usia yang masih tergolong muda, yakni 37 tahun, Gus Miftah sudah menyandang gelar sebagai ulama, da’i sekaligus memimpin Pondok Pesantren Ora Aji di Slemen, Yogyakarta.

Tapi, Miftah bukanlah sosok yang baru-baru ini muncul menggemparkan publik setelah ia banyak bergaul dan memberi pelajaran untuk Deddy. Jauh sebelum itu, Miftah sudah punya nama besar, sebagai seorang da’i yang konsisten berceramah di kelab-kelab malam untuk menyadarkan para pekerja ‘dunia gelap’.

Pada awal 2000-an, saat usianya masih 21 tahun, Miftah sudah berani berdakwah di beberapa area lokalisasi, salah satunya di kawasan Sarkem, lokalisasi di Yogyakarta.

Setelah melewati banyak rintangan dan penolakan, akhirnya pekerja-pekerja malam mulai menerima Miftah, terutama ceramah-ceramahnya sebagai kebutuhan spiritual. Dakwah Miftah pun berhasil, beberapa pekerja malam terus mengubah perilakunya ke jalan yang benar.

Dakwah Gus Miftah yang paling terkenal adalah saat ia menyampaikan ceramah-ceramah keislaman di dalam sebuah kelab malam, Bosche di Bali. Video saat ia berdakwah menyebar cepat, menimbulkan sejumlah kontroversi, ada yang mendukung, ada juga yang nyinyir.

Kini, Gus Miftah dikenal sebagai salah satu ulama kondang yang ceramah-ceramahnya menyejukkan, sambil disisipi guyonan dengan sedikit campuran bahasa Jawa. Ia juga selalu memasukkan pesan-pesan kebangsaan dalam setiap ceramah-ceramahnya.

Gayanya yang nyentrik juga menjadi daya tarik tersendiri. Berambut panjang, memakai blankon dan kadang berkacamata hitam menjadikan Gus Miftah mudah diingat orang banyak.

Video-video ceramah Gus Miftah banyak tersebar di YouTube dengan viewers ratusan ribu sampai jutaan. Ia juga kerap berpindah-pindah kota untuk memberi siraman rohani, bahkan sampai luar negeri.

Hari ini, Gus Miftah telah berhasil membantu salah satu tokoh ternama, YouTuber, dan mentalis terbaik Indonesia, Deddy Corbuzier menemukan jalan yang lurus dengan mengucapkan dua kalimat syahadat dalam sebuah masjid kecil di Ponpes Ora Aji, Yogyakarta, sebagai tanda sah memeluk agama Islam.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini