Mengenal Exoplanet, Planet di Luar Tata Surya

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Teleskop luar angkasa James Webb mengabadikan gambar sebuah expolanet, yaitu sebuah planet yang berada di luar tata surya.

Gambar yang tertangkap teleskop adalah sebuah raksasa gas yang berselimut awan merah dan berdebu.

Menurut para astronom, hal terebut merupakan salah satu momen yang paling bersejarah bagi astronomi.

Gambar exoplanet tersebut tertangkap dari teleskop milik NASA senilai $10 Miliar. Gambar tersebut juga merupakan gambar pertama dari sebuah planet luar tata surya yang menggunakan cahaya inframerah.

Hal tersebut memberikan indikasi masa dan suhu planet yang memungkinkan astronom untuk mendeteksi pergerakan awan yang melayang melintasi langit planet.

Melansir dari The Guardian, Prof Sasha Hinkley, astronom dari University of Exeter mengatakan bahawa James Webb membuka kesempatan terhadap eksistensi planet yang sama sekali tidak berada dalam jangkauan kita.

Dengan mengamati dan mempelajari panjang gelombang yang luas, manusia akan lebih mengerti komposisi mereka dan dapat mendeteksi hal-hal penting yang terjadi berkaitan dengan bumi.

Menggambarkan exoplanet secara langsung merupakan tantangan tekins yang berat karena bintang induknya jauh lebih terang.

Fokus pengamatan terbaru HIP 65426 b, menjelaskan bahwa exoplanet tersebut adalah raksasa gas yang memiliki sekitar lima hingga sepuluh kali massa Jupiter yang terletak 385 tahun cahaya dari bumi.

Jaraknya sekitar 100 kali lebih jauh dari bintang induknya, daripada jarak Bumi dari matahari. Hal tersebut yang menyebabkan mudah untuk membedakan exoplanet.

Namun jika melihat dari teleskop, exoplanet ini masih kalah redup daripada bintang induknya.

Suhu atmosfer di exoplanet tersebut berkisar 1.300C dan atmosfernya mengandung awan sebu silikat berwarna merah.

Exoplanet tersebut adalah planet yang sangat mengerikan untuk ditinggali. Manusia dapat terpanggang hidup-hidup dan dapat melayang di atmosfer.

Di masa mendatang,Webb berencana akan melakukan pengamatan terperinci terhadap lebih banyak planet yang mirip dengan Bumi.Termasuk juga ia akan mencari planet yang berpotensi layak huni.

Temuan-temuan Webb ini dipublikasikan dalam pracetak yang termuat dalam situs web Arxiv.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini