Mantap, Cina Sekarang Lebih Kaya dari AS!

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Cina berhasil mengalahkan Amerika Serikat (AS) sebagai ekonomi terbesar di dunia berdasarkan produk domestik bruto (PDB) pada akhir 2020. Data ini berdasarkan pada proyek ekonom Barat, Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), serta bank investasi global utama.

Berdasarkan data tersebut, PDB Cina diperkirakan akan mencapai 15,6 triliun USD tahun 2021, dibandingkan dengan 23,2 triliun USD untuk Paman Sam. Angka tersebut dipastikan akan terlampaui dalam waktu kurang dari dua tahun.

“China telah melampaui Amerika Serikat untuk menjadi satu-satunya negara terkaya di dunia dalam hal total kekayaan bersih,” demikian pernyataan McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan manajemen global, melansir News Fox 24, Rabu, 17 November 2021.

Dalam laporan yang dirilis pada Senin (16/11), McKinsey menghitung bahwa Beijing menyumbang hampir sepertiga dari total pertumbuhan global selama 20 tahun terakhir. Nominal tersebut meningkat lebih dari 110 triliun USD dari titik awalnya tahun 2000 yang hanya memperoleh 7 triliun USD.

Laporan tersebut – yang mengukur kekayaan bersih 10 negara yang menyumbang lebih dari 60 persen dari PDB global, menghitung AS membukukan laba bersih lebih kecil, tetapi juga mengesankan, yakni sebesar 45 triliun USD, dua kali lipat angka yang dirilis tahun 2000.

Sesuai dengan laporan, sekitar 68 persen dari kekayaan bersih kedua negara didasarkan pada sektor real estat ketika harga telah meroket secara substansial di sebagian besar dunia selama 20 tahun terakhir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini