Libur Panjang Awal Juni, Jumlah Kedatangan dan Keberangkatan Penumpang ke Bandara YIA Lebih dari 15.000 Orang

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta (Bandara YIA) di Kabupaten Kulonprogo, DIY, memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat selama periode libur panjang dari tanggal 1-4 Juni 2023, baik yang berangkat maupun yang datang. Pihaknya memprediksi sebanyak 15.000 penumpang akan datang.

Bambang Triyono, Pejabat Pengganti Sementara (PGS) General Manager Bandara YIA, menyatakan bahwa pada hari Kamis, 1 Juni 2023 kemarin, jumlah penumpang yang berangkat dan datang telah mencapai lebih dari 13.000 orang.

Menurut Bambang, penyebaran penumpang saat ini lebih merata, tidak terpusat pada jam-jam tertentu, melainkan ada yang berangkat pada pagi, siang, dan sore hari. Kapasitas untuk melayani 13.000 penumpang dapat terpenuhi dengan baik.

“Jumlah kamis kemarin sudah seperti libur Lebaran 2023 kemarin yang mencatat 18.000 penumpang,” ungkap dia Senin 5 Juni 2023.

Lebih lanjut, Bambang memproyeksikan jumlah penumpang pada hari Minggu 4 Juni 2023 nanti sekitar 14.000 hingga 15.000 orang.

Ia juga menyebut bahwa cuaca yang baik sangat mendukung kelancaran penerbangan. Sementara jam operasional tetap dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB di bandara yang terletak di Kulon Progo itu.

Bambang juga menyebut bahwa kereta api bandara telah mengubah jadwal layanan agar dapat mengakomodasi penumpang pesawat yang tiba di malam hari.

Hingga saat ini, belum ada maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan penerbangan.

“Kalau semua penerbangan reguler berjalan normal, tapi dengan optimisme tingkat okupansi yang tinggi,” katanya.

Disinggung rute paling banyak disasar oleh penumpang, Bambang menjelaskan bahwa terdapat peningkatan jumlah penumpang yang tujuannya menuju Balikpapan, Ujung Pandang, dan Banjarmasin. Sementara, penerbangan ke Jakarta tetap berjalan rutin.

Dia juga mencatat bahwa jumlah penumpang yang melalui Bandara YIA setelah Lebaran tetap tinggi, dengan angka terendah mencapai 11.000 penumpang dan mencapai 16.000 penumpang per hari sebelum kembali menurun menjadi 13.000 pada Kamis kemarin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini