KPU Terima Surat Pemberitahuan Rencana Pendaftaran Anies-Cak Imin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran dari pasangan bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) pada Kamis 14 Oktober 2023 sore. Rencananya, AMIN akan mendaftar pada 19 Oktober 2023.

“Pada hari Sabtu (14/10) sore, kami telah mendapatkan surat, menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai koalisi, atau gabungan partai politik dari Partai NasDem, Partai PKB, dan Partai PKS, berencana akan mendaftarkan bakal pasangan calon presiden dan wakil presidennya pada hari pertama tanggal 19 Oktober 2023 Jam 8 pagi sampai dengan selesai,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 16 Oktober 2023.

Terkait pendaftaran capres dan cawapres, Idham  mengingatkan parpol atau gabungan parpol untuk memberikan surat pemberitahuan terlebih dulu kepada KPU minimal satu hari sebelum mendaftar. Hal ini guna kelancaran proses pendaftaran serta menghindari bersamaan waktu pendaftarannya dengan pasangan lain.

“Partai politik atau gabungan partai politik wajib menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU, paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden,” kata Idham.

“Pemberitahuan surat tersebut atau penyampaian surat tersebut itu dengan tujuan untuk memastikan proses penerimaan pendaftaran berjalan lancar, tidak terjadinya bentrok waktu pendaftaran,” imbuh dia.

Diketahui, pendaftaran pasangan capres dan cawapres dimulai pada 19-25 Oktober 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. KPU membuka layanan pendaftaran sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Pada hari terakhir, pendaftaran dibuka sampai 23.59 WIB.

Sejauh ini, baru Anies dan Cak Imin yang siap mendaftar ke KPU. Pasangan tersebut diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini