Kolaborasi Lintas Pihak untuk Mengembangkan UMKM di Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua juga bergantung pada kolaborasi lintas Papua. Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menegaskan jika UMKM perlu untuk berkolaborasi terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

“Karena hanya kolaborasi, mereka bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi,” kata Azizah dalam Webinar Festival Torang Pu Para Para.

Adapun kolaborasi juga bisa memicu keinginan masyarakat Papua untuk melakukan inovasi pengembangan produk agar bisa bersaing di pasar domestik dan global. Hal ini tidak lepas dari potensi besar untuk bersaing di tingkat domestik dan global.

“Yang menjadi kunci adalah sinergi antara kelompok masyarakat, perusahaan swasta, pemangku kebijakan,” katanya.

Hal serupa juga ditegaskan oleh Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. Mereka menegaskan jika sinergi antara kelompok, masyarakat, pemerintah dan lembaga merupakan kunci keberhasilan.

“Selain tiga itu, kerja sama dengan para akademisi dan komunitas-komunitas anak muda itu juga sangat diperlukan agar regulasi dan fasilitas yang sudah kami sediakan bisa optimal,” kata Mathius.

Ia menilai jika pemuda-pemuda Papua banyak yang potensial sehingga regulasi dibutuhkan untuk melindungi dan mendukung kreatifitas mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Target Menang Pilkada, PPP Kota Jogja Gandeng Lima Parpol Bentuk Koalisi Besar

Mata Indonesia, Yogyakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja telah memulai strategi mereka untuk menghadapi Pilkada 2024 yang akan digelar pada bulan November nanti. PPP berencana untuk membentuk koalisi dengan minimal lima partai untuk memenangkan Pilkada 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini