Kisah Pasukan Elit Gajah Mada, Cikal Bakal Polri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sering kita sebut sebagai bhayangkara negara atau Korps Bhayangkara. Ternyata bhayangkara adalah satuan pengamanan elit yang dibentuk oleh Maha Patih Gajah Mada di masa Kerajaan Majapahit dan awalnya hanya beranggota 15 orang.

Seperti halnya pasukan elit, anggotanya adalah prajurit-prajurit pilihan yang hanya mengabdi untuk keselamatan rakyat di era Raja Hayam Wuruk.

Dalam laman facebook Divisi Humas Polri, disebutkan Bhayangkara yang dalam bahasa sansekerta berarti pelindung keselamatan negara itu, dipimpin sendiri oleh Gajah Mada.

Tugas utamanya menjaga ketentraman, ketertiban, penegakan peraturan sekaligus sebagai pengawal pribadi raja dan Kerajaan Majapahit.

Walaupun jumlahnya kecil, Bhayangkara memiliki nama besar karena berhasil mengungkap kasus-kasus makar secara tuntas ke akarnya, menyelamatkan Jayanegara dari pemberontakan Ra Kuti, dan prestasi gemilang Gajah Mada yang berasal dari kesatuan Bhayangkara dalam mempersatukan Nusantara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini