Kinerja Kinclong, Semester I 2021 Sejumlah Bank Panen Laba

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di saat pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun, ternyata bank-bank di Indonesia menorehkan kinerja mentereng di semester I 2021. Laba bersih yang dibukukan melonjak secara tahunan.

Pertumbuhan kinerja tersebut tidak lepas dari strategi efisiensi yang dilakukan bank di tengah tekanan, penurunan biaya dana atau cost of fund (CoF) dan masih relatif terjaganya kualitas aset.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat pertumbuhan laba bersih secara konsolidasi hingga 21,4 persen secara year on year (YoY). Pendapatan bunga bersih dan pendapatan berbasis komisi (fee based income/FBI) sama-sama tumbuh masing-masing 21,5 persen dan 17,2 persen.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan kinerja Bank Mandiri. Anak usahanya itu meraup pertumbuhan laba bersih 34,3 persen YoY.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, optimisme tersebut setelah berkaca dari capaian semester I. Dalam menyalurkan kredir, perseroan akan selektif dengan memasuk ke sektor-sektor potensial. BSI juga tidak merevisi RBB tahun dan optimis bisa mencapai target laba bersih sebesar sekitar Rp 2,9 triliun-Rp 3 triliun.

Sementara Bank CIMB Niaga mencatatkan pertumbuhan laba bersih 22,2 persen YoY. Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan, pertumbuhan itu didorong kenaikan pendapatan operasional sebesar 8,7 persen yoy, serta stabilnya biaya operasional sehingga cost to income ratio (CIR) turun 45,1persen.

Suria Dharma, Kepala Riset Samuel Sekuritas mengatakan, kinerja perbankan sudah mengalami perbaikan pada kuartal II dan sebelumnya sudah memperkirakan bahwa kinerja akan semakin membaik di paruh kedua ini. ”Namun, karena kasus Covid-19 terus naik dan PPKM diperketat maka kuartal III diperkirakan akan terganggu,” katanya.

Perkiraan Suria, perolehan laba bersih perbankan kuartal III akan lebih rendah dari kuartal II 2021. Meski begitu, secara tahunan diprediksi masih tetap akan tumbuh karena level terendah kinerja perbankan akibat dampak pandemi Covid-19 terjadi di semester II 2020.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini