Kenangan Produk AMANAH Tetap Hidup Pasca Penutupan PON XXI, Presiden Jokowi Beri Apresiasi

Baca Juga

Aceh – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Aceh telah resmi ditutup, namun kenangan akan produk-produk kreatif dari Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) tetap meninggalkan jejak yang kuat. Komunitas AMANAH turut memeriahkan acara ini dengan memamerkan souvenir khas Aceh secara kreatif melalui stan yang disediakan, dan menarik perhatian banyak pengunjung.

Salah satu pengunjung stan AMANAH, Nasya Nazmah, mengungkapkan kekagumannya terhadap berbagai produk yang dihadirkan. Menurutnya, AMANAH berhasil menciptakan barang-barang bergaya muda namun tetap mempertahankan ciri khas Aceh.

“Aku senang sekali bisa berkunjung ke booth AMANAH ini soalnya di sini ada banyak barang-barang keren. Dan barang yang disediakan itu khas Aceh. Ada motif-motif Acehnya, ada tentang Malahayati,” kata Nasya.

Motif pinto, monumen kilometer nol Sabang, dan kuliner mie Aceh yang diaplikasikan pada berbagai produk, seperti tempat minum, sampul buku, kipas, hingga gantungan kunci menambah kesan khas Aceh.

Nasya menambahkan, desain-desain tersebut membuat produk-produk AMANAH sangat cocok dijadikan souvenir. Tote bag dan gelang menjadi favoritnya, dengan desain yang dianggapnya sangat menarik dan berbeda dari yang lain.

“Kalau yang paling favorit, karena aku perempuan, aku suka gelang tapi aku juga suka totebag-nya. Soalnya, desainnya sangat menarik,” ungkap Nasya.

Selain produk kreatif, AMANAH juga menyediakan produk-produk UMKM lokal dari Aceh, seperti makanan dan minuman khas. Inisiatif ini, menurut Nasya, merupakan bukti bahwa UMKM di Aceh semakin berkembang.

“AMANAH ini bagus sekali karena mewadahi anak muda Aceh sehingga mereka bisa berkarya dan mereka juga difasilitasi supaya ke depannya menjadi anak-anak muda yang hebat dan unggul,” Nasya menegaskan.

Selain Nasya, banyak pengunjung yang merupakan kontingen PON dari berbagai daerah di Indonesia menjadikan barang-barang tersebut sebagai buah tangan.

Meski PON XXI telah usai, penghargaan atas kontribusi AMANAH tidak terlupakan. Presiden Joko Widodo, melalui Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024, termasuk komunitas AMANAH. Sebab dukungan dalam mempromosikan budaya Aceh dan memberdayakan UMKM lokal menjadi salah satu elemen penting dalam kesuksesan acara tersebut.

Sebagai sebuah program yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN) atas instruksi Presiden Jokowi, AMANAH berperan penting dalam pemberdayaan generasi muda Aceh. Program ini menyediakan dukungan nyata bagi pelaku UMKM, industri kreatif, dan para pemuda, dengan tujuan meningkatkan perekonomian Aceh dan menyalurkan kreativitas anak muda daerah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sejalan dengan Program Jokowi, AMANAH Aceh Adakan Pelatihan Audio Production untuk Meningkatkan Keterampilan Digital

Oleh: Alfie Maulana )* Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) dalam mendukung visi besar Presiden Joko Widodo yang fokus pada...
- Advertisement -

Baca berita yang ini