Kementan Jamin Ketersediaan Stok Daging untuk Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pertanian menjamin pasokan daging sapi untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri 1442 aman.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak, Bogor.

“Saat ini BKP terus melakukan pemantauan terhadap kondisi di lapangan di antaranya dengan melakukan kunjungan langsung pada beberapa RPH dan Distributor di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya untuk melihat stok daging sapi yang ada saat ini,” ujar Risfaheri dalam keterangan tertulis, Sabtu 8 Mei 2021.

Untuk itu, Risfaheri meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan daging pada momen lebaran nanti, meski permintaan meningkat.

Selain itu, juga dilakukan pemantauan kondisi ketersediaan daging sapi ke RPH yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya seperti RPH di Jakarta, RPH Bogor, RPH Cibinong, RPH Jati Mulya-Bekasi, RPH Harapan Baru – Bekasi, RPH Bayur – Karawaci, UPT RPH Ciputat- Tangerang Selatan, RPH Ruminansia Ciroyom- Kota Bandung, dan UPT RPH Bandung Barat.

Ia mengungkapkan untuk harga daging sapi (karkas) di tingkat RPH bervariasi mulai dari Rp 96.000 per kg sampai Rp 103.000 per kg untuk sapi lokal, dan Rp 100.000 per kg hingga Rp 104.000 per kg untuk sapi impor.

Terjadinya variasi harga ini tergantung dari kondisi dan kualitas sapi itu sendiri, serta biaya jasa pemotongan yang juga berbeda di setiap RPH.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini