Home News Kembali Pimpin PB ESI, Ini Prestasi Kabin Budi Gunawan di Kepengurusan Sebelumnya

Kembali Pimpin PB ESI, Ini Prestasi Kabin Budi Gunawan di Kepengurusan Sebelumnya

0
8

JAKARTA – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., P.S.M. kembali terpilih menjadi pimpinan Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) untuk periode 2024-2028. Kepercayaan ini tak lepas dari sejumlah prestasi yang telah ditorehkan PB ESI di kepengurusan sebelumnya.

Penunjukan Budi Gunawan sebagai ketua umum periode berikutnya ini diumumkan setelah serangkaian proses dalam kegiatan Musyawarah Olah Raga Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional PB ESI pada Minggu (6/10). Dalam sambutannya, Budi Gunawan menyebutkan sejumlah prestasi E-Sport Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

Di tingkat nasional, pria berusia 64 tahun itu membanggakan bahwa pengembangan organisasi dan ekosistem esports Indonesia telah memiliki kepengurusan mencapai 9.280 orang mulai di tingkat pusat hingga tingkat kabupaten.

“Kita juga telah memasukkan e-sports ke dalam undang-undang Nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan sebagai pengakuan bahwa e-sports merupakan salah satu cabang olahraga prestasi,” ucapnya.

Dengan ketetapan tersebut, E-Sport dipercaya menjadi salah satu cabang olahraga di Pekan paralimpik nasional (Peparnas) di kota solo, Jawa Tengah pada 6 hingga 13 Oktober 2024. Ini menandakan E-Sport semakin diminati oleh segala kalangan.

“Artinya, di e-sports ini, Siapapun, dengan kondisi apapun, memiliki kesempatan Yang setara untuk berprestasi dan bersaing,” lanjutnya.

Di bidang internasional, PB ESI menjadi satu-satunya Induk organisasi e-sports resmi yang mewakili Indonesia di federasi e-sports internasional. Menurut Budi Gunawan, ini adalah hasil kerja keras diplomasi E-sports indonesia, yang semakin diakui sebagai kekuatan Global.

Torehan prestasi tersebut mendapat apresiasi besar dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Menurut Wakil Ketua Umum 3 KONI, Mayjen TNI Purn Andri Sutarno, prestasi PBESI di bawah kepemimpinan Jenderal Budi Gunawan menjadi sejarah awal kemajuan olahraga E-Sport di tanah air.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tinggiya untuk bapak Budi Gunawan dan jajaran khususnya Pengurus Besar sport Indonesia masa bakti pertama. Yang telah begitu besar memajukan sejarah olahraga sport di tanah air,” ucap Andri Sutarno.

Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si. pun turut mengapresiasi kepengurusan PB ESI yang terlihat dari prestasi Tim Nasional (Timnas) E-Sport Indonesia. Dia berharap olahraga E-Sport di Indonesia semakin berjaya hingga diperhitungkan di dunia.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya atas capaian yang membanggakan yang ditorehkan. Oleh timnas esport Indonesia di bawah kepengurusan PB ESI 2020-2024 yang dikomandoi oleh bapak jenderal polisi Purnawirawan profesor doktor Budi Gunawan besar,” ucapnya.

Seperti diketahui, di kepengurusan periode pertama, prestasi Timnas E-Sport mencatat sejumlah pencapaian di ajang-ajang besar internasional. Mulai dari menyumbangkan 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu di SEA Games Hanoi, Vietnam pada 2021, menjadi juara umum pada kejuaraan dunia IESF 2022 di bali, serta menyumbangkan 3 emas dan 2 perak di SEA Games kamboja 2023.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here