Kelancaran Pilkada Lahirkan Pemimpin Masa Depan Berkualitas

Baca Juga

Kelancaran seluruh proses dan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan mampu melahirkan sosok pemimpin masa depan daerah yang amanah dan berkualitas tinggi.

Lahirnya sosok pemimpin masa depan daerah yang bersifat amanah dan juga memiliki kualitas tinggi tersebut, tidak lain dan tidak bukan berkat bagaimana kelancaran segala tahapan dalam Pilkada Serentak 2024 yang lancar sehingga meminimalisasi adanya bentuk kecurangan.

Dengan demikian, apabila proses tahapan pesta demokrasi tingkat daerah dalam Pilkada itu tidak terjadi kecurangan, maka bukan tidak mungkin pemimpin yang lahir dari sebuah kontestasi politik yang bersih itu juga adalah merupakan orang-orang yang jujur, bersih, amanah dan berkualitas.

Sebentar lagi, bangsa ini akan segera menyongsong perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Sehingga untuk memastikan kelancaran pelaksanaannya, maka penting terjadi kolaborasi dengan seluruh pihak serta elemen pemerintah dan masyarakat, termasuk pula pihak aparat keamanan hingga Pamong Praja yang akan menempati seluruh Provinsi, Kabupaten atau Kota untuk mengawal jalannya pemilihan agar berjalan dengan jujur dan tertib.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H. Ma’ruf Amin mengingatkan kepada seluruh pihak bahwa saat ini Tanah Air memang tengah menjalani tahapan menuju Pilkada Serentak 2024 pada November mendatang yang akan menentukan siapa kepala pemerintahan daerah di seluruh Provinsi.

Oleh karenanya, hendaknya seluruh pihak mampu bekerja sama dan saling membantu dalam kesuksesan Pilkada Serentak di wilayah masing-masing agar dapat melahirkan sosok pemimpin daerah yang amanah dan berkualitas.

Lebih lanjut, dalam upaya untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada tersebut, maka selain ilmu terapan yang penting, namun juga kemampuan untuk berkolaborasi dan komunikasi yang baik tidak kalah pentingnya.

Untuk itu, seluruh pihak harus memiliki kemampuan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua komponen, termasuk di pemerintahan berkaitan dengan birokrasi, sekaligus mampu membangun komunikasi dengan baik untuk dapat memahami bagaimana aspirasi masyarakat.

Bagi seluruh petugas, adanya kemampuan mental dan fisik harus benar-benar terlatih sehingga semuanya siap untuk bekerja dalam melayani masyarakat Indonesia secara profesional dan penuh integritas.

Dengan adanya para petugas yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, maka akan semakin mempercepat bagi perwujudan birokrasi pemerintahan yang lebih maju, berkualitas dan unggul.

Sementara itu, dalam rangka untuk menyukseskan gelaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024, sosialisasi akan tahapan Pilkada pun terus terjadi agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan aman sehingga menghasilkan pemimpin yang baik.

Pilkada Serentak 2024 sendiri menjadi sebuah tonggak dan momentum yang sangat penting untuk terus memperkuat asas demokrasi di Indonesia dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam menentukan arah pembangunan daerah ke depannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Amir Husin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut aktif terlibat dalam seluruh proses tahapan yang berlangsung, karena partisipasi warga begitu penting untuk mengawal demokrasi.

Adanya dukungan penuh dari masyarakat akan mewujudkan gelaran kontestasi politik tingkat daerah yang sukses. Kini KPU sedang giat melaksanakan tahap coklit, pencocokan data pemilih. Secara bersama-sama, warga mampu mencari pemimpin terbaik yang nantinya akan menjadi pelayan publik.

Untuk itu, bagaimana beragam kesiapan hingga sosialisasi untuk benar-benar memastikan kelancaran Pilkada mendapatkan apresiasi yang tinggi karena itu nantinya akan menentukan bagaimana nasib masa depan daerah selama 5 tahun mendatang.

Segenap pihak harus menciptakan gelaran Pilkada Serentak 2024 yang tertib, aman dan lancar, sehingga dapat mencari siapa pemimpin terbaik ke depannya dan juga menyukseskan keberlangsungan asas demokrasi di negeri ini.

Senada, Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir. Wiriya Alrahman MM menegaskan bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 merupakan salah satu pilar yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan asas demokrasi Pancasila.

Demi bisa mencapai tujuan tersebut, sangat penting peranan dari penyelenggara Pilkada yang profesional, kredibel dan berintegritas. Sehingga butuh yang namanya komitmen kuat serta kerja keras.

Sebab, Pemilihan Kepala Daerah secara Serentak akan berjalan dengan sukses dan mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas apabila seluruh tahapan dan prosesnya berlangsung dengan lancar.

Kepada seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah tersumpah, berjanji dan juga dilantik, mereka semua merupakan orang-orang terpilih dan mendapatkan kepercayaan negara untuk mengemban sebuah tugas mulia, sehingga hendaknya bisa tetap profesional.

Pilkada Serentak 2024 pada November mendatang harus menjadikan seluruh anggota PPS mampu melaksanakan tugas mereka dengan sebaik mungkin untuk mengawal kesuksesannya sehingga terpilih pemimpin berkualitas.

Jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 bisa berjalan dengan lancar, sukses, aman dan damai, maka bukan tidak mungkin melalui kontestasi politik tingkat daerah itu akan mampu melahirkan sosok pemimpin masa depan yang sangat amanah dan berkualitas baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masyarakat Papua Tegas Menolak Keberadaan OPM

Oleh: Petir Dominggus )* Masyarakat Papua secara tegas menolak keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang selama ini dianggap sebagai ancaman...
- Advertisement -

Baca berita yang ini