Kecaman dan Kritikan, BRIN Batalkan Renovasi Ruang Kerja Megawati

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hujan kritik dan kecaman terkait pembangunan dan renovasi ruang kerja Megawati Soekarnoputri di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akhirnya mendapat tanggapan.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, menyatakan, renovasi ruangan ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati batal, Dia mengaku, renovasi ruangan tersebut menjadi hal yang terlewat. Dan pihaknya tidak mengetahui  secara mendetail. ”Renovasi kami batalkan,” kata Handoko, Senin 18 juli 2022.

Handoko mengaku dalam perencanaan renovasi lantai 2 Gedung BJ Habibie itu ada hal yang terlewat. Yaitu renovasi ruang ketua Dewan Pengarah. Menurut dia, sejak awal tidak ada rencana mengubah ruangan ketua Dewan Pengarah BRIN.

”Kebutuhan renovasi hanya untuk wakil, sekretaris, dan anggota dewan pengarah,” ujarnya.

Menurutnya, penataan ulang atau revitalisasi fungsi ruangan tetap perlu.  Namun berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya, perubahan fungsi yang ada saat ini seperti lounge, ruang makan, dan ruang audio, yang mirip fungsi ruang karaoke. Serta di lantai 2 menjadi ruang rapat besar.

Ia menyebutkan, sebelumnya lantai 2 gedung tersebut untuk satu orang saja, yakni oleh Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi. “Sejak awal, ketua Dewan Pengarah BRIN mengimbau untuk mengurangi hampir 40 persen luasan ruang kerja eks Kepala BPPT tersebut. Yang sangat besar itu, untuk menjadi Ruang Kerja Dewan Pengarah lainnya,” katanya.

Handoko mengatakan, efektivitas koordinasi dan komunikasi di antara Dewan Pengarah BRIN adalah alasan utama penataan ulang fungsi ruangan di lantai II. Ia menyebutkan, sementara ini sebagian dewan pengarah bekerja di lantai 23. Bahkan sebagian lagi belum punya ruangan. Pertimbangan lain, usia beberapa anggota dewan pengarah sudah cukup sepuh.

”Sebut saja Prof Emil Salim dan Prof Bambang Kesowo. Yang selama ini bekerja di lantai yang sangat tinggi. Untuk itu, ruangan seyogianya menjadi satu demi efektivitas koordinasi dan komunikasi,” ujar dia.

“Selain itu ruangan yang dulunya kebesaran, mewah, berlebihan, akan berubah dan fungsinya menjadi jauh lebih optimal,” kata Handoko.

Sebelumnya BRIN membenarkan terkait isu renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN. Plt. Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan (BKPUK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Driszal Fryantoni menepis bahwa besaran anggaran tersebut hanya untuk renovasi ruangan Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri.

”Perlu saya informasikan, biaya 6,1 miliar adalah biaya renovasi seluruh lantai 2. Yang sebelumnya merupakan ruang kerja eks Kepala BPPT,” kata Driszal, Minggu 17 Juli 2022.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini