Kasihan Ya, Ternyata Anak Pertama Dian Sastro Penyandang Autisme

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA -Sungguh malang nasib aktris senior Dian Sastrowardoyo. Ia baru saja mengungkapkan bahwa anak pertamanya yang bernama Syailendra Naryama Sastraguna Sutowo adalah pengidap autisme sejak berusia delapan bulan.

Dian mengaku sebenarnya sudah curiga dengan tanda-tanda tertentu pada puteranya yang memiliki perbedaan dari anak-anak lain.

“Dia nggak bisa menggunakan telunjuk, enggak juga punya ketertarikan dengan anak-anak lain. Kalau mau nunjukin sesuatu, dia tarik tanganku,” kata Dian di Jakarta.

Selain tak dapat menggerakkan telunjuk, Dian menyebut ada hal lain pada buah hatinya yang berbeda dari anak-anak lain, seperti kesulitan melakukan kontak mata dan gerakan mulut.

“Aku pikir karena aku orangnya bonding. Sebagai orang tua, aku merindukan bonding. Tapi ini tidak terjadi sampai usianya empat tahun,” ujar aktris berusia 37 tahun tersebut.

Ketika masuk pra-sekolah, Dian semakin sadar bahwa anaknya berbeda. Hal itu tampak dari keengganan anaknya mengikuti kegiatan yang diajarkan guru.

Dari tanda-tanda tersebut, Dian mengaku mulai terbuka pikirannya dan mencari tahu lebih lanjut tentang anaknya. Ia pun mengunjungi tiga dokter sekaligus untuk mencari tahu apa yang terjadi pada anaknya.

Tak hanya ke dokter, Dian mengaku sampai membawa anaknya ke para ahli untuk melakukan terapi okupasi, perilaku sampai wicara, dan rutin melatih anaknya untuk terbiasa kontak mata serta berkomunikasi.

“Kami sekeluarga sepakat tidak memberikan apapun sampai dia meminta sendiri. Aku melakukan seperti yang dilakukan saat terapi,” ujar Dian.

Ketika puteranya berusia enam tahun, Dian tidak melakukan terapi lagi, karena perlahan kemampuan sosial Syailendra mulai meningkat, terutama saat beranjak usia delapan tahun.

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini