Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus mendapat  penghargaan Hoegeng Awards 2022, untuk kategori Polisi Berintegritas.

Penghargaan ini bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke -76. Selain Kapolda Lampung,  dua polisi terbaik juga menerima penghargaan Hoegeng Awards 2022. Mereka adalah  Aipda Rohimah dan Brigjen Eko Rudi Sudarto.

”Walaupun tidak seperti Pak Hoegeng, idola kita. Namun, paling tidak semangat, roh yang kita bangun di institusi Polri untuk kemudian menjadi pegangan bagi kita semua. Menjadi arah bagi kita semua untuk institusi yang baik seperti harapan masyaraka,”  kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022.

Aipda Rohimah mendapat Hoegeng Awards 2022 untuk kategori Polisi Berdedikasi. Di mata warganya, Rohimah adalah sosok polisi yang berjuang membantu kaum jompo kurang beruntung. Dia menggulirkan program Geserin. Singkatan dari Gerakan Seribu Koin. Program itu saat Rohimah selaku Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong, Bekasi.

Sedangkan Brigjen Eko Rudi Sudarto mendapat Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Inovatif. Ia telah berupaya menarik perhatian warga Papua agar tidak gampang terhasut oleh propaganda kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Wakapolda Papua itu berhasil menjalankan pemberdayaan sosial warga, bahkan di sarang KKB. Dia mengedepankan cara sosial-kemanusiaan, bukan dengan angkat senjata.

Salah satu cara sosial-kemanusiaan adalah dengan memberi pelatihan ternak kepada warga Papua. Utamanya, ternak babi. Meskipun ia beragama Islam tapi tidak menghalanginya untuk memberdayakan masyarakat Papua dengan hewan peliharaan warga Papua.

Khusus Irjen Akhmad Wiyagus mendapat penghargaan kategori Polisi Berintegritas. Saat awal menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022, Irjen Akhmad Wiyagus adalah Kapolda Gorontalo. Namun, ia pindah menjadi Kapolda Lampung.

Kapolda Lampung itu merupakan mantan pegawai KPK. Wiyagus terkenal sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa nego. Oleh karena itu, ia terpilih Dewan Pakar masuk menjadi kandidat hingga akhirnya menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Hoegeng Awards 2022 merupakan program yang mencari sosok polisi dengan tiga kategori. Yaitu Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi. Tiga kategori Hoegeng Awards tersebut melalui proses diskusi panjang melibatkan berbagai pihak, mulai dari keluarga almarhum Jenderal Hoegeng, Divisi Humas Mabes Polri, Posko Presisi Polri, hingga Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini