Kabar Baik, BPOM Nyatakan Vaksin Sinovac Aman untuk Anak 6-11 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhirnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan Vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun setelah hasil penilaian menunjukkan vaksin itu aman dan efektif untuk tangkal Covid-19.

“Pada hari ini, kami menyampaikan pengumuman telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19 dari Vaksin Sinovac CoronaVac dan Vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun,” ujar Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangannya, Senin 1 November 2021.

Menurut Penny, vaksinasi Covid-19 saat ini sangat penting bagi anak-anak karena pembelajaran tatap muka sudah mulai dilakukan di sekolah.

Meski tren angka penularan kasus covid-19 di Indonesia terus menurun, Penny mengingatkan pandemi belum berakhir.

Sementara izin untuk vaksinasi anak di bawah 6 tahun, menurut Penny belum ada data uji klinisnya.

Menurut Direktur Registrasi Obat BPOM, Dra. Togi Junice Hutadjulu, Apt, efek samping Vaksin Sinovac untuk usia 6-11 tahun sebanding dengan usia 12-17 tahun.

Sedangkan dari aspek imunogenisitas, berdasarkan hasil uji klinis fase 1-2 dengan total subjek 550 anak menunjukkan bahwa vaksin ini dapat menginduksi pembentukan antibodi netralisasi.

Imunogenisitas adalah kemampuan suatu substansi dalam memicu respons imun dari tubuh manusia atau hewan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini