Jokowi Dorong Reboisasi untuk Cegah Banjir Bandang

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Banjir bandang yang melanda Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura, Papua langsung mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya akan menggalakan kembali penanaman pohon atau reboisasi di kawasan hutan untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

Jokowi mengaku penanaman pohon menjadi salah satu cara mengatasi kerusakan di kawasan hutan. “Inilah ke depan yang akan kami kerjakan konsentrasi pada penanganan hulu, penanaman, penghutanan,” ujar Jokowi di JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu 17 Maret 2019.

Jokowi menyampaikan rencana tersebut merespons banjir bandang yang menerjang Sentani, Jayapura, Papua. Menurut Jokowi, upaya menanam pohon kembali di kawasan hutan, wilayah hulu, menjadi sebuah keharusan.

Calon presiden nomor 01 itu sudah menerapkan moratorium atau penghentian sementara perluasan lahan sawit.

Jokowi mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit Serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit.

Dalam inpres yang diteken 19 September 2018 itu, pemerintah menegaskan menghentikan sementara pemberian izin lahan sawit selama masa tiga tahun.

Bagi Jokowi, moratorium cukup efektif menekan pengalihan fungsi kawasan hutan. Namun, Jokowi menyebut moratorium tak akan menyelesaikan masalah bila tak diikuti dengan penghijauan kembali kawasan hutan yang kritis.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini