Jalan Tol Bakauheni Sampai Palembang Sudah Bisa Dilalui Pemudik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jalan Tol Trans Sumatera ruas Lampung hingga Palembang, dapat digunakan oleh pemudik menjelang Idul Fitri tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan hal itu setelah melakukan peninjuaan perbaikan jalan tol yang mengalami kerusakan pada ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di Provinsi Lampung dan sebagian ruas Kayu Agung – Palembang – Betung (Kapalbetung) di Sumatera Selatan.

Menurutnya, terdapat tiga prioritas pekerjaan dalam perbaikan ruas tol Lampung – Palembang.

  • Pertama, perbaikan material jalan karena mutu beton yang mengalami penurunan
  • Kedua yaitu perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan,
  • Ketiga perbaikan jalan dengan lem beton.

”Memang kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik. Tetapi juga menjadi jalan utama masyarakat, khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi,” kata Basuki, Sabtu 16 April 2022.

Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung hingga Kramasan – Palembang sepanjang 376 km sudah beroperasi sejak Maret 2019.

Beberapa segmen pada jalan ini sempat mengalami kerusakan dan secara bertahap rekondisi maupun rekonstruksi. Seperti perbaikan lapisan perkerasan baru. Cor kembali dengan beton fast setting. Lapisan perkerasan menggunakan asphalt finisher dan padat. Serta lapisan AC-WC dengan asphalt finisher.

Kementerian PUPR melalui PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140,4 km. Telah melakukan perbaikan dengan progres 100 persen.

Untuk ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189,4 km perbaikan kerusakan dengan progres 90 persen. Dan akan tuntas seluruhnya H-10.

Selanjutnya BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol menangani ruas Kayu Agung – Palembang – Bentung sepanjang 37,6 km telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya KM355+950 dan KM349+900.

“Saat ini secara fungsional dari titik nol sampai KM252 sudah baik, siap untuk digunakan mudik Lebaran. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran,” kata Basuki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini