Innalilahi, Guru Besar Kedokteran Unpad Suwandi Sugandi Meninggal

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDUNG – Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Guru Besar Emeritus Fakultas Kedokteran Suwandi Sugandi meninggal dunia pada usia 78 tahun, pagi tadi.

Suwandi Sugandi merupakan guru besar pada Program Studi Ilmu Bedah Urologi FK Unpad. Lahir di Bandung, 18 Februari 1943, Suwandi menyelesaikan pendidikan dokter di FK Unpad pada 1969, kemudian lulus dari program Spesialis Bedah FK Unpad pada 1979 dan program Spesialis Urologi di Rijks Universiteit Groningen, Belanda, pada 1984.

Suwandi juga memperoleh gelar Doktor di FK Unpad pada 1996 dan memperoleh gelar Guru Besar pada 2003. Berdasarkan kepakaran dan pendidikannya, Suwandi merupakan konsultan pada bidang urologi-onkologi.

Suwandi Sugandi merupakan salah satu dari tokoh yang mengembangkan pendidikan spesialis urologi di FK Unpad pada 1994 silam. Kala itu, urologi masiih menjadi subbagian pada Pusat Pendidikan Dokter Bedah di FK Unpad.

Sementara, pusat pendidikan urologi di Indonesia baru ada di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair). Melalui serangkaian proses, pendidikan urologi mulai dibuka secara bertahap pada 1994. Kemudian, secara resmi prodi Spesialis Urologi FK Unpad mulai berdiri pada 2007.

Suwandi Sugandi dimakamkan di Pemakaman Dalem, Kota Bandung. Sebelum dikebumikan, almarhum mendapat penghormatan terakhir dari para pimpinan dan keluarga besar Unpad serta para kerabat di Masjid Al-Jihad Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini