Ini 4 Fakta Unik Chris John yang Tak Banyak Orang Tahu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setelah mempertahankan gelar selama 10 tahun lamanya, akhirnya legenda tinju Indonesia, Chris John pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya tersebut.

Ia mengumumkan dirinya pensiun dalam usia 34 tahun usai kalah dari petinju Afrika Selatan, Simpiwe Vetyeka, di Perth, Australia.

Nama pria kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah itu mencatat sejarah dimana menjadi juara terlama di Indonesia. Namun, ada fakta unik dari seorang Chris John, yang tak banyak orang tahu, apa saja?

  1. Dari keluarga tinju

Chris John sudah akrab dengan tinju sejak kecil. Pria yang lahir di Banjarnegara, 14 September 1979 itu merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Johan Tjahjadi dan Maria Warsini.

Sang ayahlah yang mengenalkan tinju kepada Chris John dan adiknya Adrian. Dia seorang eks petinju amatir. Namun, Chris John mengawali dengan dengan wushu lebih dahulu.

Pria bernama lengkap Christian Yohannes John itu pernah mendapatkan medali emas di cabang ini pada PON 1996.

Setahun kemudian Chris John memutuskan untuk menjadi petinju profesional.  Pengalaman ring perdana dilakoni dengan duel versus Firman Kanda pada 1998. Namun namanya mulai meroket saat menghadapi Muhammad Alfaridzi.

  1. Petinju dengan Sebutan ‘Si Kurus’

Popularitas Chris John melejit lebih dahulu, barulah julukan The Dragon mengikuti namanya. Rupanya julukan itu dipilih karena latar belakang keluarga, idola dan agar terdengar lebih sangar.

Banyak yang tidak menyangka perawakan Chris John begitu ramping, Kendati memang bermain di kelas bulu WBA, tetap saja orang awam membayangkan dia sebagai petinju dengan tubuh kekar.

Namun, faktanya petinju orthodox itu sangat ramping, main di kelas bulu dengan tinggi 169 centimeter. Karena posturnya itu pula dia pernah mempuyai julukan The Indonesian Thin Man. Dia juga kerap dipanggil “Si Kurus”.

Namun, dalam perjalannya Chris John merasa julukan itu terkesan kurang galak. Suami Ana Maria Megawati itu pun mengganti dengan The Dragon alias “Sang Naga”.

3. Lebih Sering Menang Angka

Chris John kehilangan sabuk juara di laga ke-53. Tepatnya saat saat menghadapi Simpiwe Vetyeka di Metro City, Perth, Australia, Jumat 6 Desember 2013 silam. Dia dinyatakan kalah TKO di malam itu.

Selama 15 tahun berkarier sebagai petinju professional, Chris John mencatatkan 48 kemenangan dengan 22 di antaranya menang KO/TKO, tiga kali seri dan hanya sekali kalah.

  1. Pernah Ditangani Tiga Pelatih

Chris John dibesut tiga pelatih sepanjang kariernya. Ayahnya yang seorang mantan petinju amatir menjadi pelatih pertama. Chris John mulai melahap porsi latihan tinju sejak usia 5 tahun.

Setelah memutuskan menjadi petinju professional, Chris John dipoles Sutan Rambing. Kebersamaan mereka berakhir pada 2005, menjelang pertarungan versus Derrick Gainer.

Chris John kemudian bergabung dengan Harry’s Gym di Perth, Australia. Dia pun ditangani Craig Christian. Pelatih Australia itu mendampingi Chris John hingga pensiun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini