Ingin Merasakan Ketenangan di Suasana Alam? Ini yang Bisa Dilakukan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa hal bisa dilakukan saat berada di tengah suasana alam untuk memberikan ketenangan diri. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan mental.

Ternyata manfaat suasana alam untuk kesehatan mental telah ditemukan dalam sejumlah studi. Salah satunya dengan menggunakan waktu dua jam berada di tengah suasana alam.

Maka ada beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di tengah suasana alam.

Pertama yaitu fokus pada fraktal yakni pola geometri berulang. Pola ini terlihat di berbagai jenis tumbuhan, baik pada kelopak bunga, biji pinus, dan masih banyak lagi.

Memperhatikan pola berulang seperti pada biji pinus adalah cara tepat untuk mindfulness sehingga bisa menunrunkan tingkat stres.

Kedua yaitu mendengar suara apa pun yang muncul. Hal ini mengacu pada bukti bahwa suara memiliki efek restoratif untuk kesehatan mental. Suara-suara tertentu dapat membantu memulihkan seseorang dari kelelahan pikiran.

Penelitian dari Surrey University misalnya menemukan bahwa suara burung dapat meredakan rasa lelah mental.

Ketiga yaitu berendam di air kali tengah hutan atau memeluk pohon. Berada di dekat rimbun pepohonan secara tidak langsung melepaskan senyawa kimia yang disebut phytoncides. Senyawa ini memberikan dampak positif terhadap sistem kekebalan tubuh dan suasana hati.

Keempat yaitu dengan menanam herba karena mampu mengeluarkan berbagai aroma yang menenangkan. Sejumlah penelitian menemukan, beberapa aroma tumbuhan seperti rosemary dan mint memberikan pengaruhnya untuk mental.

Kelima yaitu berjalan dengan kaki telanjang di atas rumput. Cara ini umumnya dapat memberika  ketenangan tersendiri.

Terakhir yaitu melakukan olahraga ringan di suasana alam. Aktivitas ini bisa meningkatkan kesehatan fisik dan menjaga kesehatan mental. Olahraga seperti yoga bisa membantu mengurangi ketegangan dan stres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini