Inggris Siap Pasok 6 Ribu Rudal untuk Ukraina

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Perdana Menteri Boris Johnson memastikan bahwa Inggris akan menyediakan 6 ribu rudal pertahanan baru, termasuk senjata dengan daya ledak tinggi, dan dana senilai 25 juta Poundsterling.

Dana fantastis ini merupakan dana Kementerian Luar Negeri Inggris untuk membantu Ukraina membayar pasukan militer dan polisinya yang berperang melawan invasi Rusia yang telah berlangsung selama empat pekan.

“Inggris akan bekerja dengan sekutu kami untuk meningkatkan dukungan militer dan ekonomi ke Ukraina, memperkuat pertahanan mereka saat mereka membalikkan keadaan dalam pertarungan ini,” kata PM Johnson.

“Satu bulan dalam krisis ini, masyarakat internasional menghadapi pilihan. Kita dapat menjaga api kebebasan tetap hidup di Ukraina, atau berisiko padam di seluruh Eropa dan dunia,” sambungnya.

PM Johnson juga akan memberi tahu para pemimpin dunia pada KTT NATO bahwa konflik tersebut memasuki fase baru agresi dan bencana kemanusiaan dengan pengepungan Mariupol dan serangan membabi buta terhadap warga sipil.

Para pejabat Barat telah mengatakan bahwa baik Ukraina dan Rusia kekurangan senjata saat konflik berlanjut karena pertahanan Ukraina yang jauh lebih baik dari yang diharapkan

Persenjataan tambahan berarti bahwa Inggris kini telah menyediakan lebih dari 10 ribu rudal. Ini akan memasok rudal anti-udara kecepatan tinggi Starstreak untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari pemboman udara, serta pelindung tubuh, helm, dan sepatu bot tempur.

PM Johnson juga menjanjikan uang tunai untuk melawan disinformasi Rusia serta dukungan dan pendanaan untuk penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional atas kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan oleh Kremlin dan pasukan invasi.

“Vladimir Putin sudah gagal di Ukraina,” kata PM Johnson dalam sebuah pernyataan menjelang KTT di Brussels, melansir The Guardian, Kamis, 24 Maret 2022.

“Rakyat Ukraina telah menunjukkan diri mereka luar biasa berani dan ulet dalam membela tanah air mereka, dalam menghadapi serangan gencar yang tidak beralasan. Tapi kita tidak bisa dan tidak akan berdiam diri sementara Rusia menghancurkan kota-kota Ukraina menjadi debu,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini